Hubungan self-efficacy dengan hasil belajar pada pembelajaran geografi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sungai Raya

Sartika, Evalina Tampubolon and Budiman, Tampubolon and Diah, Trismi Harjanti (2024) Hubungan self-efficacy dengan hasil belajar pada pembelajaran geografi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sungai Raya. Georeference: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pembelajaran Geografi, 2 (1): 6. pp. 42-52. ISSN 3024-9775

[thumbnail of 3024-9775_2_1_2024-6.pdf]
Preview
Text
3024-9775_2_1_2024-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (627kB) | Preview

Abstract

Self-Efficacy individu memegang peranan penting dalam proses pembelajaran, ketika self-efficacy siswa ditingkatkan, siswa mampu mencapai potensi dirinya secara baik jika efikasi diri siswa mendukung. Tujuan penelitian adalah menjelaskan hubungan antara efikasi diri dengan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Sungai Raya Kelas XI IPS Geografi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif pada penelitian hubungan (interrelation studies) dan korelasi (correlation studies). Penelitian ini memiliki sampel 107 siswa berdasarkan perhitungan Nomogram Harryking. Teknik pengumpulan data penelitian meliputi komunikasi tidak langsung dan studi dokumentasi. Instrument yang dipakai pada penelitian ini adalah kuesioner dan dokumen nilai formatif siswa Kelas XI IPS Geografi di SMA Negeri 1 Sungai Raya sebanyak 81,28% tergolong kategori “baik” pada Bab 1 dan 83% tergolong kategori “baik” pada Bab 2. Sesuai dengan hasil perhitungan statistika berdasarkan rumus korelasi product moment, dapat dihitung korelasi efikasi diri dengan nilai belajar siswa didapatkan hasil r hitung 0,643 dibanding r table 0,195 pada taraf kesalahan signifikan 5% pada Bab 1. Kemudian, pada Bab 2 diperoleh hasil r hitung 0,526 dibanding r table 0,195 pada taraf kesalahan signifikan 5%. Berdasarkan data, dapat disimpulkan adanya hubungan positif antara self-efficacy dengan nilai belajar siswa pada SMA Negeri 1 SungaiRaya di kelas XI IPS Geografi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Pembelajaran geografi, Pendidikan, Self-efficacy, Academic achievement, Geography education
Subjects: Natural Resources & Earth Sciences > Geology & Geophysics
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 28 Oct 2024 03:39
Last Modified: 28 Oct 2024 03:39
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/38006

Actions (login required)

View Item
View Item