Analisis kesulitan belajar peserta didik pada pembelajaran proyek penguatan profil pelajar Pancasila kurikulum merdeka di SMAN 8 Pontianak

Herliani, Herliani and Nuraini, Asriati and Nur, Meily Adlika (2024) Analisis kesulitan belajar peserta didik pada pembelajaran proyek penguatan profil pelajar Pancasila kurikulum merdeka di SMAN 8 Pontianak. Georeference: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pembelajaran Geografi, 2 (1): 5. pp. 42-52. ISSN 3024-9775

[thumbnail of 3024-9775_2_1_2024-5.pdf]
Preview
Text
3024-9775_2_1_2024-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (751kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis beberapa faktor yang memengaruhi kesulitan belajar peserta didik dalam Pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam pelaksanaan kurikulum merdeka di SMAN 8 Pontianak. Pada konteks ini, penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif lapangan, mirip dengan penelitian sebelumnya. Adapun partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 7 peserta didik kelas X, Guru Pengampu dan Waka Kurikulum. Teknik pemerolehan data yang digunakan pada penelitian ini terdiri observasi partisipasi pasif serta teknik komunikasi langsung. Instrumen untuk mengumpulkan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi serta wawancara. pada teknik pelaksanaan penelitian, peneliti menggunakan teknik nonparticipant observation. Hasil penelitian menunjukkan terdapatnya faktor kesulitan belajar Proyek dalam pelaksanaan Kurikulum merdeka pada peserta didik dapat diketahui melalui wawancara terhadap siswa Kelas XB dengan faktor kesulitan belajar utama-nya pada faktor kesehatan peserta didik, kebiasaan belajar, minat belajarserta faktor lingkungan keluarga, lingkungan pertemanan, lingkungan sekolah. Oleh karena itu, kesimpulannya adalah bahwa faktor internal, seperti minat pembelajaran proyek, kondisi kesehatan, dan sikap belajar proyek, tampaknya lebih dominan daripada faktor eksternal dalam menyebabkan kesulitan belajar peserta didik dalam konteks penelitian ini. Perlu dicatat bahwa faktor internal dan eksternal dapat saling berinteraksi dan memengaruhi satu sama lain, sehingga pendekatan holistik untuk mengatasi kesulitan belajar diperlukan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar, Pembelajaran proyek, Kurikulum merdeka, Pendidikan, Learning disabilities, Curriculum, Learning methods, Upper secondary education
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 28 Oct 2024 03:55
Last Modified: 28 Oct 2024 03:55
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/38003

Actions (login required)

View Item
View Item