Pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berbasis kearifan lokal Madura terhadap hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 2 kelas V SDN Tanamerah 2 Sumenep

Putri, Hania and Isna, Ida Mardiyana (2023) Pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berbasis kearifan lokal Madura terhadap hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 2 kelas V SDN Tanamerah 2 Sumenep. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 3 (2): 4. pp. 129-144. ISSN 2807-1034

[thumbnail of 2807-1034_3_2_2023-4.pdf]
Preview
Text
2807-1034_3_2_2023-4.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (572kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Value Clarification Technique (VCT) berbasis kearifan lokal Madura dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 2 kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design dengan Prestest Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2022/2023 dengan responden penelitian siswa kelas V dengan kelompok eksperimen berjumlah 20 dan kelompok kontrol berjumlah 20. Instrumen menggunakan tes hasil belajar dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus Independent Sample T-Test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model Value Clarification Technique (VCT) berbasis kearifan lokal Madura berpengaruh terhadap hasil belajar diperoleh nilai thitung sebesar 6,047 dan ttabel pada (df.38) signifikansi 0,05 sebesar 1,686, dan hasil Sig. 2-tailed sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak karena thitung > ttabel. Pada intinya penerapan model VCT dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini memberikan sumbangsih terhadap peningkatan kualitas dan hasil pembelajaran berbasis kearifan lokal yang sesuai dengan kurikulum merdeka.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Learning outcomes, Madurese local wisdom, Value Clarification Technique (VCT) model, Teaching methods, Academic achievement, Culturally relevant pedagogy
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: Sri Yuniarti
Date Deposited: 08 Aug 2024 02:44
Last Modified: 08 Aug 2024 02:44
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/37906

Actions (login required)

View Item
View Item