Metode komunikasi inter personal pada pelayanan pelanggan terhadap citra perusahaan listrik negara (persero) rayon takengon Kabupaten Aceh Tengah (studi deskriptif keluhan tarif listrik di Kampung Bebesen)

Subhan, AB and Viana, Safrida Harahap and Alhidayatullah, AK (2022) Metode komunikasi inter personal pada pelayanan pelanggan terhadap citra perusahaan listrik negara (persero) rayon takengon Kabupaten Aceh Tengah (studi deskriptif keluhan tarif listrik di Kampung Bebesen). Jurnal Telangke Ilmu Komunikasi, 1 (1): 1. pp. 1-15. ISSN 2809-8943

[thumbnail of 2809-8943_4_1_2022-1.pdf]
Preview
Text
2809-8943_4_1_2022-1.pdf - Published Version

Download (803kB) | Preview

Abstract

Metode komunikasi yang dilakukan petugas bagian pelayanan kepadapelanggan adalah melalui komunikasi interpersonal. Inti dari komunikasi-interpersonal adalah menciptakan, membentuk, ataupun membina hubungan-dengan orang lainPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Metode Komunikasi InterPersonal Pada Pelayanan Pelanggan Terhadap Citra Perusahaan Listrik Negara-(Persero) Rayon Takengon Kabupaten Aceh Tengah (Studi Diskriptif Keluhan Tarif-Listrik Di Kampung Bebeben) dan menjelaskan Faktor Penghambat Metode-komunikasi inter personal pada pelayanan pelanggan terhadap citra Perusahaan-listrik negara (persero) rayon takengon kabupaten Aceh Tengah (Studi diskriptif-keluhan tarif listrik di kampung Bebeben)Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian iniadalah wawancara, studi pustaka dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis-secara kualitatif. Hasil Penelitian Metode komunikasi inter personal, yang di-lakukan oleh PLN Rayon Takengon, sangat bermamfaat, dimana komunikasi yang-dilakukan dengan pelanggan akan mudah terselesaikan dengan baik, dikarenakan-langsung tatap muka antara masyarakat dengan pegawai dalam keluhan yang-dihapai masyarakat. Komunikasi antar personal dapat mengurai keluhan-pelanggan terhadap pelayanan PLN, dengan komunikasi antar personal akan-membawa dampak positif terhadap citra PLN itu sendiri. Dengan menggunakan-komunikasi model komunikasi linear, model komunikasi sirkuler, dan model-komunikasi spiral. Sehingga Respon masyarakat dari pelanggan, berupa feedback-langsung ketika berjalannya komunikasi dua arah atau tatap muka, dan feedback-tidak langsung. Dan Hambatan dan Komunikasi Antar Personal yang terjadi dalam-proses komunikasi meliputi, status sosial, psikologis, sosial budaya, prasangka,-hambatan semnatis dan kondisi lingkungan. Memberikan informasi, menumbuhkan perasaan, dan mengubah sikap. Ini merupakan bentuk pengaruh-dari komunikasi sosial yang di sampaikan kepada masyarakat ketikabersosialisasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Inter personal, Pln, Interpersonal communication, Communication services, Community services
Subjects: Communication > Communication & Information Theory
Energy
Depositing User: M. Rifky Fauzan
Date Deposited: 19 Aug 2024 16:10
Last Modified: 19 Aug 2024 16:10
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/37895

Actions (login required)

View Item
View Item