Mengidentifikasi berbagai game edukasi yang tepat dengan perkembangan zaman di sekolah dasar

Intan, Safitri (2024) Mengidentifikasi berbagai game edukasi yang tepat dengan perkembangan zaman di sekolah dasar. Jurnal Edukasi: Jurnal Pendidik Tingkat Dasar dan Menengah, 1 (2): 4. pp. 25-32. ISSN 3046-5834

[thumbnail of 3046-5834_1_2_2024-4.pdf]
Preview
Text
3046-5834_1_2_2024-4.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Game edukasi berperan sebagai jenis media yang dipakai untuk memberikan pengajaran dan meningkatkan pengetahuan penggunanya melalui pengalaman bermain yang unik danmenarik. Dengan menggunakan game edukasi, seseorang dapat mengasah daya pikirnya dengan cara yang menyenangkan, termasuk penggunaan elemen seperti anime, sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, serta meningkatkan konsentrasi,bahkan dalam menyelesaikan masalah-masalah tertentu. Penelitian literasi ini memilikitujuan untuk mengidentifikasi berbagai game edukasi yang sesuai dengan perkembangan zaman di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di sekolah dasar dapat ditingkatkan melalui berbagai metode game edukasi yang sesuai dengan perkembangan zaman, menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan. Metode melibatkan game edukasi berbasis aplikasi, puzzle pendidikan, permainan peran, board games edukasi, permainan aktif, kuis interaktif, simulasi virtual, permainan koperatif, dan permainan strategi. Dengan pendekatan ini, pembelajaran di sekolah dasar dapat menjadi lebih menarik, interaktif, dan efektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Game edukasi, Perkembangan zaman, Sekolah dasar, Educational games, Primary education
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 29 Oct 2024 07:42
Last Modified: 29 Oct 2024 07:42
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/37842

Actions (login required)

View Item
View Item