Intan, Safitri (2024) Mengidentifikasi berbagai game edukasi yang tepat dengan perkembangan zaman di sekolah dasar. Jurnal Edukasi: Jurnal Pendidik Tingkat Dasar dan Menengah, 1 (2): 4. pp. 25-32. ISSN 3046-5834
3046-5834_1_2_2024-4.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Game edukasi berperan sebagai jenis media yang dipakai untuk memberikan pengajaran dan meningkatkan pengetahuan penggunanya melalui pengalaman bermain yang unik danmenarik. Dengan menggunakan game edukasi, seseorang dapat mengasah daya pikirnya dengan cara yang menyenangkan, termasuk penggunaan elemen seperti anime, sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, serta meningkatkan konsentrasi,bahkan dalam menyelesaikan masalah-masalah tertentu. Penelitian literasi ini memilikitujuan untuk mengidentifikasi berbagai game edukasi yang sesuai dengan perkembangan zaman di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di sekolah dasar dapat ditingkatkan melalui berbagai metode game edukasi yang sesuai dengan perkembangan zaman, menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan. Metode melibatkan game edukasi berbasis aplikasi, puzzle pendidikan, permainan peran, board games edukasi, permainan aktif, kuis interaktif, simulasi virtual, permainan koperatif, dan permainan strategi. Dengan pendekatan ini, pembelajaran di sekolah dasar dapat menjadi lebih menarik, interaktif, dan efektif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game edukasi, Perkembangan zaman, Sekolah dasar, Educational games, Primary education |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 07:42 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 07:42 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/37842 |