Keterampilan pendidik mengkombinasikan metode dalam pembelajaran pendidikan agama Islam

Usman, Usman (2019) Keterampilan pendidik mengkombinasikan metode dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 14 (2): 1. pp. 367-380. ISSN 2686-2387

[thumbnail of 2829-3592_14_2_2019-1.pdf]
Preview
Text
2829-3592_14_2_2019-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (396kB) | Preview

Abstract

Belajar adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan melibatkan unsur rohani dan jasmani. Belajar merupakan serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku ke arah yang lebih baik, sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, efektif, dan psikomotor. Dalam proses pembelajaran seorang guru haruslah memiliki metode yang tepat agar mampu melaksanakan pengelolaan kegiatan pembelajaran dengan baik. Mengajar mengandung tujuan agar peserta didik dapat mengembangkan diri yang dengan pengembangan diri itu mengalami perubahan tingkah laku. Bahan pengajaran yang disampaikan berproses melalui metode tertentu, sehingga dengan metode yang digunakan tujuan pengajaran dapat tercapai. Tidak ada sebuah metode pembelajaran yang sempurna, karena setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan. Karena itulah penggunaan sebuah metode akan efektif jika ditopang oleh metode yang lain, dan setiap pendidik dituntut agar terampil dalam mengkombinasikan metode-metode pembelajaran, agar proses pembelajaran berjalan dengan aktif dan menyenangkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keterampilan, Kombinasi, Metode, Pembelajaran, Islamic education, Educational personnel, Educational methods
Subjects: Administration & Management > Personnel Management, Labor Relations & Manpower Studies
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Sri Yuniarti
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:08
Last Modified: 06 Aug 2024 07:08
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/37674

Actions (login required)

View Item
View Item