Keterbacaan struktur pendahuluan artikel ilmiah jurnal online fokus pendidikan terakreditasi Sinta-4-6

Adib, Alfalah and Nanyk, Sudarwati Wulandesember and Khairil, Fauzan (2024) Keterbacaan struktur pendahuluan artikel ilmiah jurnal online fokus pendidikan terakreditasi Sinta-4-6. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (Jurnal Pembahas), 3 (1): 13. pp. 129-140. ISSN 2809-5367

[thumbnail of 2809-5367_3_1_2024-13.pdf]
Preview
Text
2809-5367_3_1_2024-13.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (544kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) tingkat keterbacaan artikel ilmiah jurnal online fokus pendidikan terakreditasi Sinta 4-6; 2) sama-tidaknya tingkat keterbacaan artikel ilmiah jurnal online fokus pendidikan Sinta-4-6 per peringkat Sinta. Kegiatan penelitian berlangsung di akhir 2023 dan awal 2024. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan yakni setiap artikel ilmiah yang dipublikasi di jurnal online. Subjek penelitian ini adalah 9 artikel ilmiah yang bersumber dari 3 jurnal online fokus pendidikan; masingmasing 3 artikel Sinta-4, Sinta-5, dan Sinta-6. Setiap artikel ilmiah jurnal online dipilih menggunakan teknik sampel aksidental. Untuk mengumpulkan data keterbacaan artikel ilmiah jurnal online fokus pendidikan terakreditasi Sinta 4-6 digunakan pedoman observasi. Teknik ini digunakan untuk mengobservasi secara online artikel ilmiah di jurnal online. Kuesioner juga digunakan guna memvalidasi hasil analisis keterbacaan artikel oleh tim ahli. Data keterbacaan artikel ilmiah jurnal online fokus Islam terakreditasi Sinta-4-6 dianalisis menggunakan modifikasi Index Fog yang dimodifikasi selaras dengan konversi data bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia. Sama-tidaknya keterbacaan artikel ilmiah jurnal online menurut perbedaan peringkat Sinta 4-6 dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif melalui butir modus. Hasil penelitian: 1) tingkat keterbacaan artikel ilmiah jurnal online fokus pendidikan terakreditasi Sinta 4-6 menghasilkan nilai 6,21 s.d. 11.29; sebagian kecil artikel mudah dibaca siswa SD/MI dan sebagian besar mudah dibaca oleh para siswa dan para mahasiswa; 2) terdapat perbedaan tingkat keterbacaan artikel ilmiah jurnal online fokus pendidikan terakreditasi Sinta 4-6.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keterbacaan, Struktur pendahuluan, Artikel ilmiah, Jurnal online fokus pendidikan, Akreditasi Sinta, Scientific literature, Readability (Literary style), Serial publications, Periodicals, Accreditation
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language > Linguistics
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 01 Dec 2024 02:30
Last Modified: 01 Dec 2024 02:30
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/36920

Actions (login required)

View Item
View Item