Keterampilan menemukan ide pokok teks laporan dalam pembelajaran menggunakan pendekatan konstruktivisme melalui teknik scaffolding

Anung, Kusmiati and Euis, Siti Mariah (2024) Keterampilan menemukan ide pokok teks laporan dalam pembelajaran menggunakan pendekatan konstruktivisme melalui teknik scaffolding. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (Jurnal Pembahas), 3 (1): 12. pp. 117-128. ISSN 2809-5367

[thumbnail of 2809-5367_3_1_2024-12.pdf]
Preview
Text
2809-5367_3_1_2024-12.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (722kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) keterampilan menemukan ide pokok teks laporan dalam pembelajaran menggunakan pendekatan konstruktivisme melalui teknik scaffolding; 2) sama-tidaknya keterampilan menemukan ide pokok teks laporan dalam pembelajaran menggunakan pendekatan konstruktivisme melalui teknik scaffolding per kelompok sampel. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 199 Sayuran pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Populasi penelitian ini adalah 56 siswa kelas VIA yang mengikuti keterampilan menemukan ide pokok teks laporan dalam pembelajaran menggunakan pendekatan konstruktivisme melalui teknik scaffolding. Mereka terbagi sama banyak antara siswa kelas VIA dan kelas VIB, yakni 28 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 50 siswa; terbagi dari 25 siswa kelas VIA dan 25 siswa kelasVIB. Penentuan ukuran sampel menggunakan formula yang dikembangkan Slavin. Data keterampilan menemukan ide pokok teks laporan dikumpulkan menggunakan instrumen tes tertulis berbentuk pilihan ganda yang disusun secara objektif dan sistematis. Analisis data dilakukan secara statistik inferensial parametrik yakni uji t satu sampel dan uji t sampel independen. Syarat homogenitas variansi dan teknik sampling terpenuhi. Hasil penelitian: 1) keterampilan menemukan ide pokok teks laporan dalam pembelajaran menggunakan pendekatan konstruktivisme melalui teknik scaffolding berkategori tinggi; 2) tidak terdapat perbedaan kategori keterampilan menemukan ide pokok teks laporan dalam pembelajaran menggunakan pendekatan konstruktivisme melalui teknik scaffolding bagi siswa kelas VI SD Negeri 199 Sayuran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Ide pokok, Teks laporan, Pendekatan konstruktivisme, Teknik scaffolding, Reading, Paragraphs, Association of ideas in literature, Constructivism (Education), Report writing
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language > Linguistics
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 01 Dec 2024 02:21
Last Modified: 01 Dec 2024 02:21
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/36916

Actions (login required)

View Item
View Item