Kelayakan bahasa cerita rakyat Papua bagi siswa kelas tinggi SD/MI menurut indeks fog

Herman, Tadu Balagaize and Muhamat, Asrori (2024) Kelayakan bahasa cerita rakyat Papua bagi siswa kelas tinggi SD/MI menurut indeks fog. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (Jurnal Pembahas), 3 (1): 10. pp. 101-108. ISSN 2809-5367

[thumbnail of 2809-5367_3_1_2024-10.pdf]
Preview
Text
2809-5367_3_1_2024-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (490kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kategori kelayakan bahasa cerita rakyat Papua dalam Kumpulan Cerita Rakyat Papua untuk siswa kelas tinggi SD/MI menurut Indeks Fog; 2) modus kelayakan bahasa cerita rakyat Papua dalam Kumpulan Cerita Rakyat Papua untuk siswa kelas tinggi SD/MI menurut Indeks Fog per kelompok sampel. Penelitian perpustakaan ini dilaksanakan di awal semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Populasi penelitian kelayakan bahasa ini adalah 5 cerita rakyat yang terhimpun di dalam buku Kumpulan Cerita Rakyat Papua. Lima cerita rakyat berjudul: 1) Asal Mula Munculnya Cesar Pak: Penghuni Muara Sungai Ayip; 2) Kisah Pulau Venue; 3) Asal Mula Keladi; 4) Asal Mula Batu Kacabo; 5) Kisah Burung Purna dan si Ular Naga. Sampel penelitian ini hanya paragraf pertama untuk setiap judul cerita rakyat Papua. Penelitian kepustakaan ini menggunakan 2 jenis instrumen. Pertama, instrumen dokumentasi yakni buku kumpulan cerita rakyat dengan judul ‘Kumpulan Cerita Rakyat Papua (Pemenang Sayembara); buku kumpulan cerita rakyat Papua ini berisi 19 cerita rakyat yang direproduksi oleh para penulis yang berbeda; total 307 halaman A4. Kedua, instrumen kuesioner yang berguna untuk memvalidasi setiap hasil analisis kelayakan cerita rakyat. Data kelayakan bahasa cerita rakyat Papua dalam Kumpulan Cerita Rakyat Papua dianalisis menggunakan teknikIndeks Fog. Hasil penelitian: 1) cerita rakyat Papua bagi siswa kelas tinggi SD/MI menurut Indeks Fog berkategori kelayakan bahasa mudah dibaca oleh siswa SD/MI; 2) modus kelayakan bahasa cerita rakyat Papua bagi siswa kelas tinggi SD/MI menurut Indeks Fog adalah mudah dibaca oleh siswa SD/MI.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kelayakan bahasa, Cerita rakyat Papua, Siswa kelas tinggi SD/MI, Indeks fog, Folklore, Papua, Language feasibility, Primary school students, Primary education
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language > Linguistics
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 28 Oct 2024 03:51
Last Modified: 28 Oct 2024 03:51
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/36910

Actions (login required)

View Item
View Item