Pembelajaran menjelaskan konflik tokoh cerita teks naratif menggunakan multiple choice test technique berbahan ajar khusus

Isni, Nur Rofifah and Alma, Rizkya Krismonika Nurfajri Octavianty (2024) Pembelajaran menjelaskan konflik tokoh cerita teks naratif menggunakan multiple choice test technique berbahan ajar khusus. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (Jurnal Pembahas), 3 (1): 9. pp. 93-100. ISSN 2809-5367

[thumbnail of 2809-5367_3_1_2024-9.pdf]
Preview
Text
2809-5367_3_1_2024-9.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (694kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: 1) mendeskripsikan hasil pembelajaran menjelaskan konflik tokoh cerita teks naratif menggunakan multiple choice test technique; 2) mendeskripsikan sama-tidaknya hasil pembelajaran menjelaskan konflik tokoh cerita teks naratif menggunakan multiple choice test technique per kelompok sampel. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 199 Sayuran di semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Populasi penelitian ini adalah 58 siswa kelas IV yang mengikuti pembelajaran menjelaskan konflik tokoh cerita teks naratif menggunakan matching test technique. Mereka berjumlah 58 siswa yang terbagi dari 28 siswa kelas IVA dan 30 siswa kelas IVC. Mengacu kepada formula penelitian kuantitatif, sampel penelitian ditetapkan sebanyak 51 siswa; terbagi dari 24 siswa kelas IVA dan 27 siswa kelas IVC yang ditarik secara random sederhana dari setiap kelompok populasi. Untuk melaksanakan pembelajaran menjelaskan konflik tokoh cerita digunakan teknik tes yakni teknik penjodohan bermedia LKPD sederhana. Untuk mengumpulkan data hasil pembelajaran menjelaskan konflikkonflik tokoh cerita teks naratif menggunakan matching test technique dipakai instrumen tes jenis tertulis berbentuk pilihan ganda 4 opsi. Data hasil pembelajaran dianalisis menggunakan statistik inferensial parametrik yakni uji t satu sampel guna mencapai tujuan penelitian-1. Untuk mencapai tujuan penelitian-2 digunakan prosedur analisis uji t sampel independen. Hasil penelitian: 1) hasil pembelajaran menjelaskan konflik tokoh cerita teks naratif menggunakan multiple choice technique berkategori tinggi; 2) tidak terdapat perbedaan hasil hasil pembelajaran menjelaskan konflik tokoh cerita teks naratif menggunakan multiple choice test technique per kelompok sampel.

Item Type: Article
Additional Information: Validasi: ldy
Uncontrolled Keywords: Hasil pembelajaran, menjelaskan konflik tokoh, Cerita naratif, Multiple choice test technique, Reading, Vocabulary, Narration (Rhetoric), Characters and characteristics in literature, Multiple-choice examinations
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language > Linguistics
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 30 Nov 2024 14:51
Last Modified: 30 Nov 2024 14:51
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/36905

Actions (login required)

View Item
View Item