Perencanaan pembelajaran kecepatan memindai lema sastra dalam kamus manual menggunakan model dan media chart ekspose

Normawati, Yassin and Safrudin, H. Harun (2024) Perencanaan pembelajaran kecepatan memindai lema sastra dalam kamus manual menggunakan model dan media chart ekspose. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (Jurnal Pembahas), 3 (1): 8. pp. 85-92. ISSN 2809-5367

[thumbnail of 2809-5367_3_1_2024-8.pdf]
Preview
Text
2809-5367_3_1_2024-8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (497kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) hasil perencanaan penyusunan RPP pembelajaran kecepatan memindai lema sastra kamus manual menggunakan model dan media chart ekspose di kelas 6 SD Negeri No. 9 Kota Barat Gorontalo; 2) hasil perencanaan penyusunan rubrik evaluasi dalam pembelajaran kecepatan memindai lema sastra kamus manual menggunakan model dan media chart ekspose di kelas 6 SD Negeri No. 9 Kota Barat Gorontalo. Kegiatan penelitian berlangsung di awal semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian kebahasaan ini menggunakan beberapa instrumen. Pertama, kuesioner tertutup yang digunakan untuk memvalidasi RPP kecepatan memindai lema sastra dalam kamus manual menggunakan model dan media chart ekspose mencakup: 1) data perencanaan aspek tujuan pembelajaran, data perencanaan aspek model dan media pembelajaran, data perencanaan aspek alokasi waktu pembelajaran, data perencanaan aspek kegiatan pembelajaran; 2) data penilaian evaluasi pembelajaran yang mencakup: jenis dan bentuk tes, kisikisi tes, dan rubrik penilaian. Kedua, dokumentasi yang bertujuan untuk memperoleh data kompetensi model dan media chart ekspose. Setiap data hasil perencanaan dinilai oleh 3 penimbang menggunakan instrumen tertutup skala 1-4. Data hasil penimbangan dianalisis menggunakan statistik deskriptif yakni prinsip modus. Hasil penelitian: 1) hasil penilaian RPP kecepatan memindai lema sastra dalam kamus manual menggunakan model dan media chart ekspose menghasilkan nilai modus 4 untuk skala nilai 1-4; 2) penilaian evaluasi pembelajaran kecepatan memindai lema sastra dalam kamus manual menggunakan model dan media chart ekspose bernilai 3 pada skala nilai 1-4.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perencanaan pembelajaran, Kecepatan memindai, Lema sastra kamus manual, Model dan media, Chart ekspose, Language arts, Reading, Vocabulary, Word recognition, Dictionaries
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language > Linguistics
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 30 Nov 2024 14:45
Last Modified: 30 Nov 2024 14:45
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/36896

Actions (login required)

View Item
View Item