Rendahnya target hafalan Quran dalam BSE PAI dan budi pekerti: Isu kotemporer pendidikan Islam

Mokhamad, Mansyur and Dalman, Dalman and Ahmad, Hawasi and Armen, Armen and Pikal, Candra (2024) Rendahnya target hafalan Quran dalam BSE PAI dan budi pekerti: Isu kotemporer pendidikan Islam. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (Jurnal Pembahas), 3 (1): 6. pp. 63-74. ISSN 2809-5367

[thumbnail of 2809-5367_3_1_2024-6-.pdf]
Preview
Text
2809-5367_3_1_2024-6-.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (698kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) isu kontemporer pendidikan Islam tentang seberapa rendah target hafalan Quran jenjang SD; 2) isu kontemporer pendidikan Islam tentang seberapa rendah target hafalan Quran jenjang SMP. Penelitian ini menerapkan metode penelitian perpustakaan. Melalui metode ini setiap isu kotemporer dalam artikel ini dikaji dari perspektif data sekunder; data hasil kajian dari berbagai peneliti lain yang diperoleh dari publikasi elektronik berupa artikel ilmiah jurnal online, dan buku sekolah elektronik, referensi elektronik dari para ekspet. Jawaban atas rumusan masalah tentang isu kontemporer pendidikan Islam juga didasari kepada media teknologi informasi digital lain yakni channel youtube video yang diunggah oleh para ustadz/ustadzah masyhur berbahasa Indonesia dan atau berbahasa Melayu. Data rendahnya target hafalan Quran mulai dari jenjang SD sampai dengan jenjang SMP dikumpulkan dan dianalisis secara bersamaan tanpa menunggu semua data terkumpul. Kegiatan pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi yakni BSE Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti mulai dari jenjang SD kelas tinggi sampai dengan jenjang SMP, berbagai artikel ilmiah jurnal online, dan setiap data sekunder lainnya yang bersumber dari media elektronik yang berhasil diraih. Teknik diskusi terfokus atau focus group discussion dalam penelitian kolaborasi ini merupakan teknik andalan penelitian kualitatif ini. Hasil penelitian: 1) target hafalan Quran jenjang SD yang dibuat oleh perencana pendidikan Islam sangat rendah yakni hanya 0,65 halaman sampai dengan 0,89 halaman per tahun; 2) target hafalan Quran jenjang SMP yang dibuat oleh perencana pendidikan Islam juga sangat rendah yakni hanya 0,57 halaman sampai dengan 0,87 halaman per tahun.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Rendahnya target, Hafalan Quran, PAI dan budi pekerti, Isu kontemporer, Pendidikan Islam, Islamic education, Kuttabs, Qurʼan--Recitation, Qurʼan--Memorizing, Hafiz
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 30 Nov 2024 13:19
Last Modified: 30 Nov 2024 13:19
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/36887

Actions (login required)

View Item
View Item