Kontribusi pemberdayaan guru dalam meningkatkan mutu pendidikan

Damanhuri, Damanhuri (2023) Kontribusi pemberdayaan guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Iltar: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 3 (2): 10. pp. 95-104. ISSN 2657-0394

[thumbnail of 2657-0394_3_2_2023-10.pdf]
Preview
Text
2657-0394_3_2_2023-10.pdf - Published Version

Download (998kB) | Preview
Official URL: htttp://www.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mutu pendidikan yang dikaitkan dengan pemberdayaan guru di sekolah, diduga adanya pemberdayaan guru memiliki hubungan dan pengaruh dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini ditetapkan sebanyak 100 orang dari populasi terjangkau yaitu guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Cimanggis Kota Depok, Jawa Barat. Dari hasil perhitungan kontribusi antara pemberdayaan guru terhadap mutu pendidikan digunakan analisis regresi dan korelasi dari persamaan regresi Y atas X yaitu Ŷ =7.148 + 0.964X. Dari hasil analisa korelasi sederhana diperoleh koefisien korelasi ry = 0.808 dan koefisien determinasi r2y = 0.653 artinya variasi mutu pendidikan di sekolah dapat dijelaskan dari variansi pemberdayaan terhadap guru sebesar 65.3%. Dapat dikatakan bahwa mutu pendidikan di sekolah dapat dipengaruhi dengan adanya pemberdayaan terhadap guru selama melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai seorang tenaga pendidik, untuk itu kepala sekolah perlu strategi yang baik dalam memberdayaan guru dengan harapan akan meningkatkan kualitas guru yang secara langsung akan memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Guru, Mutu pendidikan, Sekolah, Quality of education, Teachers, Empowerment, Secondary education
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 23 Oct 2024 04:22
Last Modified: 23 Oct 2024 04:22
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/36495

Actions (login required)

View Item
View Item