Hubungan latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar dengan kemampuan pengelolaan kelas

Ahmad, Burhanuddin (2023) Hubungan latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar dengan kemampuan pengelolaan kelas. Jurnal Iltar: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 3 (2): 9. pp. 85-94. ISSN 2657-0394

[thumbnail of 2657-0394_3_2_2023-9.pdf]
Preview
Text
2657-0394_3_2_2023-9.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: htttp://www.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui dan menganalisis kemampuan guru dalam pengelolaan kelas yang dikaitkan dengan latar belakang pendidikan serta pengalaman mengajar guru, diduga latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar memiliki hubungan dan pengaruh dalam peningkatan kemampuan pengelolaan kelas di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, sampel dalam penelitian ini ditetapkan sebanyak 62 orang sampel guru di Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kecamatan Bekasi Timur. Dari hasil perhitungan hubungan antara latar belakang pendidikan terhadap kemampuan pengelolaan kelas digunakan analisis regresi dan korelasi dari persamaan regresi Y atas X1 yaitu Ŷ =31.706 + 0,606X1. Dari hasil analisa korelasi sederhana diperoleh koefisien korelasi ry1 = 0.579 dan koefisien determinasi r2 y1 = 0.335 artinya variasi kemampuan pengelolaan kelas di sekolah dapat dijelaskan dari variansi latar belakang pendidikan sebesar 33.5%. Terdapat hubungan positif antara pengalaman mengajar guru terhadap kemampuan pengelolaan kejas dan teruji signifikan, dapat terlihat dari persamaan Ŷ = 23.017 + 0,739X2. Dari hasil analisa korelasi sederhana diperoleh koefisien korelasi ry2 = 0.500 dankoefisien determinasi r2 y2 = 0.250 artinya variasi kemampuan pengelolaan kelas di sekolah dapat dijelaskan dari variansi pengalaman mengajar guru sebesar 25%. Dapat disimpulkan bahwa latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar guru memiliki hubungan positif terhadap peningkatan kemampuan pengelolaan kelas di sekolah, seorang guru yang memiliki latar belakang pendidikan yang baik serta memiliki banyak pengalaman dalam mengajar memiliki kemampuan pengelolaan kelas yang sangat baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Latar belakang pendidikan, Pengalaman mengajar, Kemampuan pengelolaan kelas, Teachers, Competency based teaching
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 23 Oct 2024 04:34
Last Modified: 23 Oct 2024 04:34
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/36494

Actions (login required)

View Item
View Item