Ahmad, Faridi (2023) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja. Jurnal Iltar: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 3 (2): 8. pp. 75-84. ISSN 2657-0394
2657-0394_3_2_2023-8.pdf - Published Version
Download (980kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini ingin menganalisis hubungan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar siswa di sekolah, transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja guru diduga memiliki hubungan yang positif terhadap prestasi belajar siswa, untuk itu penelitian ini menganalisis menggunakan analisis kuantitatif melalui analisis korelasi dan regresi, penelitian dilakukan di SMK di Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi Jawa Barat. Dari hasil kajian didapati bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah memiliki hubungan yang positif, dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa di sekolah, begitu pula dengan motivasi kerja guru yang memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa disekolah. Dengan kata lain penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa di sekolah, membutuhkan adanya gaya kepemimpinan transformasional dalam mengelola organisasi sekolah, begitu pula dengan motivasi kerja, dimana guru yang memiliki motivasi dalam bekerja akan selalu meningkatkan kualitas diri dalam rangka pencapaian prestasi belajar siswa yang berkualitas melalui proses pembelajaran yang efektif dan efisien.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan transformasional, Motivasi kerja guru, prestasi belajar, Academic achievement, Employee motivation, Competency based teaching, Educational leadership |
Subjects: | Administration & Management > Management Practice Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 04:02 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 04:02 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/36493 |