Abdul, Salim (2023) Hubungan antara motivasi berprestasi dan disiplin kerja terhadap kompetensi pedagogik guru. Jurnal Iltar: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 3 (2): 3. pp. 23-34. ISSN 2657-0394
2657-0394_3_2_2023-3.pdf - Published Version
Download (976kB) | Preview
Abstract
Keberhasilan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah, membutuhkan peran dari seorang guru, guru sebagai seorang pengajar memiliki tanggung jawab yang besar pada pencapaian pendidikan yang berkualitas, untuk itu guru harus memiliki motivasi dalam diri dan adanya kedisiplinan dalam bekerja, serta memiliki kompetensi pedagogik dalam proses pembelajaran dengan tujuan menghasilkan pendidikan yang berkualitas. Dalam penelitian ini peneliti ini mengkajidan menganalisis peningkatan kompetensi pedagogik melalui motivasi berprestasi dan kedisiplinan dalam bekerja. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Cimanggis Kota Depok, Jawa Barat. Dengan menggunakan metode kuantitatif, didapati bahwa motivasi berprestasi dan disiplin kerja guru memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap kompetensi pedagogik guru, maka dapat dikatakan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam prosespembelajaran disekolah dapat ditingkatkan dengan adanya motivasi berprestasi serta memiliki kedisiplinan dalam bekerja.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi berprestasi, Kompetensi pedagogik, Disiplin kerja, Guru, Learning motivation, Competency based teaching, Labor discipline |
Subjects: | Administration & Management > Management Practice Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 09:31 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 09:31 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/36488 |