Mohamad, Nasich Jauhari (2023) Upaya guru dalam meningkatkan kemandirian anak usia dini menggunakan metode montessori di Sanggar Belajar All Kids Kota Madiun. Child Kingdom: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (2): 5. pp. 48-59. ISSN 3025-5767
3025-5767_1_2_2023-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Metode montessori merupakan metode yang dilaksanakan dilingkungan anak usia dini, dengan penerapan praktik aktivitas anak. Agar anak usia dini bisa memikirkan, merasakan dan melakukan segala sesuatu sendiri tanpa bergantung orang lain. Seperti halnya manusia yang baru lahir bagaikan kertas putih dan apapun yang mewarnainya maka akan menjadi warna yang membekas dihidupnya. Penanaman nilai kemandirian sejak dini dirasa sangat vital dalam pelaksanaanya. Karena dengan ditanamkannya nilai tersebut dalam usia dini, akan membuatnya terbiasa dan melekat dalam diri anak itu sendiri. Kemandirian merupakan aspek penting bagi hidupnya kelak dimasa depan agar bisa hidup mandiri tanpa bergantung kepada orang lain. Berdasarkan dalam penelitian penulis akan berusaha menggali informasi tentang Bagaimana guru menerapkan metode montessori dalam upaya meningkatkan kemandirian anak usia dini. Dengan menggunakan penelitian kualitatif, dengan desain penelitian studi kasus. Metode Pengumpulan data diperoleh melalui lembar observasi aktivitas anak selama proses pembelajaran, wawancara dan dokumentasi berupa foto kegiatan selama proses tindakan. Peneliti telah melakukan penelitian dan menganalisis data, pada akhirnya dapat mengambil kesimpulan bahwa: upaya guru dalam meningakatkan kemandirian anak usia dini mengguakan metode montessori di Sanggar Belajar All Kids dikategorikan baik karena dengan adanya aspek kurikulum, aspek metode, aspek media, aspek model dan strategi metode montessori yang memadai dan sangat mendukung kemandirian anak usia dini.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya guru, Kemandirian, Anak usia dini, Metode montesori, Early childhood, Competency based teaching, Montessori methods, Teaching methods |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 13 Oct 2024 10:47 |
Last Modified: | 13 Oct 2024 10:47 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/36406 |