Manajemen strategi kurikulum dalam meningkatkan prestasi peserta didik di SMA Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi

Agus, Fathrulloh (2023) Manajemen strategi kurikulum dalam meningkatkan prestasi peserta didik di SMA Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1 (1): 3. pp. 24-33. ISSN 3031-7401

[thumbnail of 3031-7401_1_1_2023-3.pdf]
Preview
Text
3031-7401_1_1_2023-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (241kB) | Preview

Abstract

Tujuan yang diterapkan dalam penelitian ini (1) Untuk Mengetahui Bagaimana manajemen strategi Kurikulum Di Sma Darussalam Blokagung (2). Untuk Mengetahui Bagaimana Prestasi peserta didik di Sma Darussalam Blokagung (3). Untuk Mengetahui Bagaimana manajemen strategi Kurikulum dalam meningkatkan prestasi peserta didik Di SMA Darussalam Blokagung. Pendekatan penelitian yang dipakai adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik study kasus. Dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara, bahan audiovisual, dokumen, dan berbagai laporan. Sedangkan Teknik analisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil yang diperoleh dilapangan tentang manajemen strategi kurikulum dalam meningkatkan prestasi peserta didik di SMA Darussalam bertujuan untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar disekolah sehingga proses belajar mengajar disekolah dapat berjalan dengan efektif. Prestasi akademik peserta didik SMA Darussalam dapat dibuktikan dari nilai harian, semester, nilai raport serta prestasi peserta didik yang diperoleh dari juara olimpiade yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat. Strategi yang digunakan oleh SMA Darussalam selalu menyesuaikan dengan kebutuhan dan tuntutan era-globalisasi yaitu dengan melihat kekuatan, peluang, kelemahan, ancaman yang bisa diaplikasikan dan dapat berubah ubah tinggal bagaimana dari pihak sekolah mengambil peluang yang akan diterapkan dalam kurikulum yang diterapakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Manajemen strategi kurikulum, Prestasi peserta didik, Curriculum, Upper secondary education, Academic achievement
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 22 Oct 2024 09:20
Last Modified: 22 Oct 2024 09:20
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/36385

Actions (login required)

View Item
View Item