Peran akreditasi dalam meningkatkan mutu layanan di lembaga pendidikan

Indri, Febrianti and Makmur, Syukri (2023) Peran akreditasi dalam meningkatkan mutu layanan di lembaga pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1 (1): 2. pp. 11-23. ISSN 3031-7401

[thumbnail of 3031-7401_1_1_2023-2.pdf]
Preview
Text
3031-7401_1_1_2023-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (297kB) | Preview

Abstract

Proses penilaian kelayakan suatu lembaga pendidikan dikenal sebagai akreditasi, yang memainkan peran sentral dalam meningkatkan mutu pendidikan. Tindakan akreditasi tidak hanya sebagai penilaian formal, melainkan juga sebagai instrumen vital dalam meningkatkan pelayanan dan kualitas lembaga pendidikan secara menyeluruh. Keberhasilan akreditasi dapat mendukung kepercayaan masyarakat, akuntabilitas publik, kualitas pendidikan, dan daya saing lulusan. Penelitian ini fokus pada identifikasi dan analisis peran akreditasi dalam meningkatkan mutu layanan di lembaga pendidikan melalui metode library research, mengumpulkan dan menganalisis sumber pustaka. Metode ini melibatkan pencarian literatur dari berbagai sumber seperti buku dan artikel jurnal yang berhubungan dengan topik penelitian. Akreditasi bukan hanya sekadar penilaian formal, tetapi juga merupakan alat penting untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas lembaga pendidikan secara holistik. Sehingga akreditasi menjadi pilar penting dalam mencapai peningkatan mutu layanan di lembaga pendidikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Akreditasi, Mutu layanan, Pendidikan, Accreditation, Quality of service, Educational policy
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 13 Oct 2024 10:10
Last Modified: 13 Oct 2024 10:10
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/36384

Actions (login required)

View Item
View Item