Indri, Febrianti and Makmur, Syukri (2023) Peran akreditasi dalam meningkatkan mutu layanan di lembaga pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1 (1): 2. pp. 11-23. ISSN 3031-7401
3031-7401_1_1_2023-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (297kB) | Preview
Abstract
Proses penilaian kelayakan suatu lembaga pendidikan dikenal sebagai akreditasi, yang memainkan peran sentral dalam meningkatkan mutu pendidikan. Tindakan akreditasi tidak hanya sebagai penilaian formal, melainkan juga sebagai instrumen vital dalam meningkatkan pelayanan dan kualitas lembaga pendidikan secara menyeluruh. Keberhasilan akreditasi dapat mendukung kepercayaan masyarakat, akuntabilitas publik, kualitas pendidikan, dan daya saing lulusan. Penelitian ini fokus pada identifikasi dan analisis peran akreditasi dalam meningkatkan mutu layanan di lembaga pendidikan melalui metode library research, mengumpulkan dan menganalisis sumber pustaka. Metode ini melibatkan pencarian literatur dari berbagai sumber seperti buku dan artikel jurnal yang berhubungan dengan topik penelitian. Akreditasi bukan hanya sekadar penilaian formal, tetapi juga merupakan alat penting untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas lembaga pendidikan secara holistik. Sehingga akreditasi menjadi pilar penting dalam mencapai peningkatan mutu layanan di lembaga pendidikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akreditasi, Mutu layanan, Pendidikan, Accreditation, Quality of service, Educational policy |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 13 Oct 2024 10:10 |
Last Modified: | 13 Oct 2024 10:10 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/36384 |