Siti, Nur Sholihah and Moh., Dimyati (2023) Strategi evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Yayasan Pondok Karya Pembangunan Sentani. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1 (1): 1. pp. 1-10. ISSN 3031-7401
3031-7401_1_1_2023-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (310kB) | Preview
Abstract
Evaluasi pembelajaran merupakan suatu tindakan yang terencana untuk menilai dan memantau perkembangan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini mendeskripsikan tentang pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang dilakukan di Madrasah Aliyah YPKP Sentani dengan subjek penelitian kepala sekolah dan guru guru PAI. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melakukan pengambilan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis data Miles Humberman. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa evaluasi pembelajaran dilakukan dengan penilaian ranah afektif, ranah kognitif dan ranah psikomotor. Penilaian ranah afektif meliputi pengamatan secara langsung kepada peserta didik, penilaian antar teman sebaya, informasi dari guru lain dan jurnal atau catatan guru. Penilaian ranah kognitif yaitu dengan cara memberi penugasan individu maupun kelompok, dan praktek yang dilakukan pada ulangan harian dan penilaian akhir semester. Sedangkan penilaian ranah psikomotor dilihat berdasarkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran dan hasil kerja peserta didik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Pembelajaran, Pendidikan, Evaluation, Learning processes, Islamic education, Academic achievement, Secondary education |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 07:59 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 07:59 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/36383 |