Menanggulangi tindak kenakalan remaja di sekolah menengah pertama

Silviana, Silviana (2024) Menanggulangi tindak kenakalan remaja di sekolah menengah pertama. Keilmuan Pendikdasmen: Jurnal Guru Pendidikan Dasar dan Menengah, 2 (1): 4. pp. 21-26. ISSN 3025-700X

[thumbnail of 3025-700X_2_1_2024-4.pdf]
Preview
Text
3025-700X_2_1_2024-4.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kenakalan remaja, atau juvenile delinquency, merujuk pada berbagai aktivitas atau perbuatan yang melanggar norma, ketentuan, dan peraturan hukum. Kenakalan siswa dapat mengambil berbagai bentuk, termasuk tindakan seperti berkelahi, keluyuran, bolos sekolah, merokok selama jam istirahat, dan perilaku tidak jujur. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana cara mengatasi tindak kenakalan remaja di Sekolah Menengah Pertama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh anak di SMP melibatkan komunikasi terbuka, pemahaman motivasi perilaku nakal, pujian, aturan yang jelas, dan contoh perilaku positif. Guru SMP dapat mengatasi anak nakal dengan berbagai metode, seperti pendekatan pembinaan, komunikasi terbuka, penerapan aturan, dan kolaborasi dengan orang tua. Orang tua disarankan menciptakan komunikasi terbuka, menerapkan aturan, menjadi peran model positif, terlibat dalam aktivitas anak, memberikan pendidikan tentang konsekuensi negatif, dan mendukung minat anak. Kolaborasi efektif antara orang tua, guru, dan sekolah melibatkan komunikasi terbuka, pertemuan, rencana pendidikan bersama, pelatihan, peran konselor, dan pengembangan program pencegahan.

Item Type: Article
Additional Information: Validated by Sri Wulan
Uncontrolled Keywords: Pola asuh, Menanggulangi, Kenakalan remaja, Parenting, Juvenile delinquency
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Psychology
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:07
Last Modified: 03 Jun 2024 03:07
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/36066

Actions (login required)

View Item
View Item