Perbandingan antara metode pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring

Burhanudin, Burhanudin (2024) Perbandingan antara metode pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring. Keilmuan Pendikdasmen: Jurnal Guru Pendidikan Dasar dan Menengah, 2 (1): 3. pp. 14-20. ISSN 3025-700X

[thumbnail of 3025-700X_2_1_2024-3.pdf]
Preview
Text
3025-700X_2_1_2024-3.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran tatap muka adalah model konvensional di mana guru dan peserta didik berinteraksi dalam ruang belajar untuk mentransfer pengetahuan dengan perencanaan terprogram, berfokus pada tempat, dan melibatkan interaksi sosial. Pendidikan online merupakan bentuk pendidikan formal yang diorganisir oleh lembaga pendidikan, di mana peserta didik dan instruktur (guru) berada pada lokasi yang berbeda. Penelitian ini akan membahas tentang perbandingan antara metode pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring dari aspek kurikulum, guru, peserta didik dan orang tua. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa perbandingan antara metode pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring melibatkan beberapa aspek, dilihat dari sudut pandang kurikulum: Fleksibilitas Kurikulum, Akses Materi Pembelajaran, Interaksi Peserta didik dan Guru, Pengembangan Keterampilan Mandiri, Penilaian dan Pemantauan, Keterlibatan Orang Tua dan Infrastruktur dan Akses, (2) Beberapa aspek perbandingan dari perspektif guru: Interaksi Langsung, Kesiapan Teknologi, PenggunaanSumber Daya, Fleksibilitas Pengajaran, Penilaian dan Pemantauan, Keterlibatan Peserta didik, Pelatihan dan Pengembangan, (3) Beberapa aspek perbandingan dari perspektif peserta didik: Interaksi Sosial, Kenyamanan Belajar, Akses dan Ketersediaan, Fleksibilitas Waktu, Gaya Pembelajaran, Kemampuan Teknologi, Pemantauan dan Dukungan Guru, Kemampuan Konsentrasi dan Keterlibatan Orang Tua, (4) Beberapa aspek perbandingan dari perspektif orang tua: Keterlibatan Orang Tua, Hubungan dengan Guru, Pemantauan Kemajuan Peserta didik, Keterlibatan dalam Proses Pembelajaran, Kemudahan Akses Informasi, Waktu Bersama Anak, Kesiapan Teknologi dan Dampak Sosial Emosional.

Item Type: Article
Additional Information: Validated by Sri Wulan
Uncontrolled Keywords: Perbedaan, Pembelajaran tatap muka, Pembelajaran daring, Learning process
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 03 Jun 2024 04:18
Last Modified: 03 Jun 2024 04:18
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/36063

Actions (login required)

View Item
View Item