Istiqomah, Istiqomah (2024) Pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter murid di SD UMINDA Tanakaraeng. Keilmuan Pendikdasmen: Jurnal Guru Pendidikan Dasar dan Menengah, 2 (1): 2. pp. 8-13. ISSN 3025-700X
3025-700X_2_1_2024-2.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Lingkungan sekolah berperan sebagai tempat atau wadah di mana anak-anak mendapatkan bimbingan dalam berbagai aspek, termasuk moral, pengetahuan, dan keterampilan. Penting untuk membangun karakter dan menanamkan nilai-nilai moral kepada anak-anak di lingkungan sekolah, di mana peran pendidik sangat signifikan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Kualitatif Deskriptif untuk mengevaluasi Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Anak di SD UMINDA Tanakaraeng. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sekolah memiliki dampak yang cukup positif dalam pembentukan karakter anak, yang tercermin dalam pengaruh baik dari pendidik, murid, kantin, ruang kelas, dan lapangan bermain. Namun, perlu dicatat bahwa baik pendidik maupun murid memiliki pengaruh positif dan negatif terhadap karakter anak.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Validated by Sri Wulan |
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Lingkungan sekolah, Karakter murid, school environment, Student behavior, Moral values |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Social and Political Sciences > Psychology |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 02:52 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 02:52 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/36062 |