Pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter murid di SD UMINDA Tanakaraeng

Istiqomah, Istiqomah (2024) Pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter murid di SD UMINDA Tanakaraeng. Keilmuan Pendikdasmen: Jurnal Guru Pendidikan Dasar dan Menengah, 2 (1): 2. pp. 8-13. ISSN 3025-700X

[thumbnail of 3025-700X_2_1_2024-2.pdf]
Preview
Text
3025-700X_2_1_2024-2.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lingkungan sekolah berperan sebagai tempat atau wadah di mana anak-anak mendapatkan bimbingan dalam berbagai aspek, termasuk moral, pengetahuan, dan keterampilan. Penting untuk membangun karakter dan menanamkan nilai-nilai moral kepada anak-anak di lingkungan sekolah, di mana peran pendidik sangat signifikan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Kualitatif Deskriptif untuk mengevaluasi Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Anak di SD UMINDA Tanakaraeng. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sekolah memiliki dampak yang cukup positif dalam pembentukan karakter anak, yang tercermin dalam pengaruh baik dari pendidik, murid, kantin, ruang kelas, dan lapangan bermain. Namun, perlu dicatat bahwa baik pendidik maupun murid memiliki pengaruh positif dan negatif terhadap karakter anak.

Item Type: Article
Additional Information: Validated by Sri Wulan
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Lingkungan sekolah, Karakter murid, school environment, Student behavior, Moral values
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Psychology
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 04 Jun 2024 02:52
Last Modified: 04 Jun 2024 02:52
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/36062

Actions (login required)

View Item
View Item