Suhas, Caryono (2024) Analisis deskriptif keterampilan hubungan interpersonal pada peserta didik kelas XII SMAN 8 Purworejo. Publikasi Ilmiah: Jurnal Publikasi Ilmiah, 2 (1): 1. pp. 1-8. ISSN 3031-0490
3031-0490_2_1_2024-1.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
Abstract
Komunikasi interpersonal merupakan kemampuan untuk membentuk, membangun, dan memelihara hubungan antarpribadi yang sehat dan saling menguntungkan. Tingkat keterampilan komunikasi interpersonal yang tinggi juga memungkinkan individu untuk berempati, bekerja sama, mengembangkan hubungan interpersonal, serta memahami perasaan, motivasi, dan niat orang lain. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendekripsikan keterampilan komunikasi interpersonal pada peserta didik kelas XII di SMAN 8 Purworejo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan 70 peserta didiksebagai subjek yang dipilih melalui teknik quota sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala Guttman yang terdiri dari 26 item untuk mengukur komunikasi interpersonal. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian tentang hubungan interpersonal menunjukkan bahwa: Keterbukaan dalam komunikasi sebanyak 64%, Kesetaraan sebanyak 59%, Sikap mendukung komunikasi sebanyak 56%, Empati sebanyak 50%, Rasa positif sebanyak 43%
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Validated by Sri Wulan |
Uncontrolled Keywords: | Analisis deskriptif, Keterampilan, Hubungan interpersonal, Interpersonal relations, Skills, Descriptive methods |
Subjects: | Communication Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Social and Political Sciences > Psychology |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 02:44 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 02:44 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/36035 |