Ahmad, Saifulloh (2024) Kajian pustaka mengenai novel untuk memahami nilai-nilai pendidikan karakter siswa. Jurnal Analisis: Jurnal Penelitian Para Pendidik, 2 (1): 2. pp. 9-16. ISSN 3031-1225
3031-1225_2_1_2024-2.pdf - Published Version
Download (806kB) | Preview
Abstract
Pendidikan karakter sebagai dinamika relasional antarpribadi dengan berbagai dimensi, baik dari dalam maupun luar diri. Sastra tidak hanya menyentuh nilai-nilai kehidupan personal, tetapi juga terlibat dalam nilai-nilai kehidupan manusia secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian pustaka mengenai novel untuk memahami nilai-nilai pendidikan karakter siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel-novel untuk memahami nilai-nilai pendidikan karakter siswa mencakup kejujuran, kedisiplinan, kreativitas, kepedulian sosial, dan tanggung jawab banyak ditulis oleh para pengarang ternama dalam negeri seperti: Abidah El Khalieqy, Ahmad Fuadi, Ahmad Tohari, Andrea Hirata, Chairil Anwar, Dee Lestari, Dewi Lestari, Eka Kurniawan, Esti Kinasih, Fiersa Besari, Gunawan Maryanto, Habiburrahman El Shirazy, Helvy Tiana Rosa, Leila S. Chudori, Mira W., Okky Madasari, Pramoedya Ananta Toer, Sapardi Djoko Damono, TereLiye dan Wahyuningrat.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Validated by Sri Wulan |
Uncontrolled Keywords: | Novel, Pendidikan, Karakter, Character building, Novels |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Social and Political Sciences > Psychology Language > Linguistics |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 03:27 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 03:27 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/36033 |