Kepuasan kerja memediasi hubungan pelatihan terhadap employee retention pada PT. Telkom Indonesia Medan

Ardiansyah, Ardiansyah and Muhammad Fauzan, Azhmy (2023) Kepuasan kerja memediasi hubungan pelatihan terhadap employee retention pada PT. Telkom Indonesia Medan. Jurnal Paradigma Aswaja: Sosial, Ekonomi, Pendidikan, 1 (2): 2. pp. 68-78. ISSN 3031-2493

[thumbnail of 3031-2493_1_2_2023-2.pdf]
Preview
Text
3031-2493_1_2_2023-2.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT. Telkom Indonesia Medan yang bergerak di bidang telekomunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan kerja memediasi hubungan pelatihan terhadap employee retention di erusahaan. Metode analisis menggunakan uji kualitas data, analisis jalur, uji asumsi klasik, uji hipotesis. Populasi yang digunakan yaitu 375 karyawan PT. Telkom Indonesia Medan dengan sampel yang di tentukan dengan menggunkan rumus slovin 194 responden. Teknik pengumpulan data menggunkan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial pelatihan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja dan retensi karyawan, sedangkan kepuasan kerja karyawan berpengaruh signifikan terhadap retention karyawan di PT. Telkom Indonesia. Kepuasan kerja tidak memediasi pengaruh pelatihan terhadap retensi karyawan. Secara simultan, pelatihan dan kepuasan kerja bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap employee retentiondi PT. Telkom Indonesia.

Item Type: Article
Additional Information: Validated by Sri Wulan
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, Kepuasan kerja, Retensi karyawan, Job satisfaction, Employee loyalty, Training
Subjects: Administration & Management > Personnel Management, Labor Relations & Manpower Studies
Administration & Management > Job Training & Career Development
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 04 Jun 2024 05:50
Last Modified: 04 Jun 2024 05:50
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/36010

Actions (login required)

View Item
View Item