Ardiansyah, Ardiansyah and Muhammad Fauzan, Azhmy (2023) Kepuasan kerja memediasi hubungan pelatihan terhadap employee retention pada PT. Telkom Indonesia Medan. Jurnal Paradigma Aswaja: Sosial, Ekonomi, Pendidikan, 1 (2): 2. pp. 68-78. ISSN 3031-2493
3031-2493_1_2_2023-2.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada PT. Telkom Indonesia Medan yang bergerak di bidang telekomunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan kerja memediasi hubungan pelatihan terhadap employee retention di erusahaan. Metode analisis menggunakan uji kualitas data, analisis jalur, uji asumsi klasik, uji hipotesis. Populasi yang digunakan yaitu 375 karyawan PT. Telkom Indonesia Medan dengan sampel yang di tentukan dengan menggunkan rumus slovin 194 responden. Teknik pengumpulan data menggunkan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial pelatihan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja dan retensi karyawan, sedangkan kepuasan kerja karyawan berpengaruh signifikan terhadap retention karyawan di PT. Telkom Indonesia. Kepuasan kerja tidak memediasi pengaruh pelatihan terhadap retensi karyawan. Secara simultan, pelatihan dan kepuasan kerja bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap employee retentiondi PT. Telkom Indonesia.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Validated by Sri Wulan |
Uncontrolled Keywords: | Pelatihan, Kepuasan kerja, Retensi karyawan, Job satisfaction, Employee loyalty, Training |
Subjects: | Administration & Management > Personnel Management, Labor Relations & Manpower Studies Administration & Management > Job Training & Career Development |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 05:50 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 05:50 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/36010 |