Revitalisasi pembelajaran: Guru MI Muhammadiyah Balung menyongsong era e-learning dengan moodle

Agenng, Soeharno and Haressa, Lintang Rizkika and Edhi, Siswanto (2023) Revitalisasi pembelajaran: Guru MI Muhammadiyah Balung menyongsong era e-learning dengan moodle. Journal of Humanities Community Empowerment, 1 (3): 3. pp. 74-81. ISSN 2988-4756

[thumbnail of 2988-4756_1_3_2023-3.pdf]
Preview
Text
2988-4756_1_3_2023-3.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (725kB) | Preview

Abstract

Dalam pelatihan ini, para guru dilatih dan didukung untuk membuat sistem pembelajaran tambahan berbasis web (e-learning) menggunakan LMS (Learning Management System). LMS merupakan alat yang paling penting dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan perangkat lunak (software). Pelatihan ini menggunakan salah satu LMS yaitu Moodle yang berbasis open source code. Moodle adalah perangkat lunak yang berguna untuk membuat dan menyampaikan kursus, digunakan dalam pelatihan, dan atau pendidikan berbasis web. Pelatihan diikuti oleh 7 guru dari MI Muhammadiyah Balung. Semua peserta adalah guru, dengan bidang keahlian kelompok teknologi dan kelompok manajemen dan bisnis. Tingkat partisipasi peserta yang mengikuti pelatihan tinggi yang ditunjukkan dengan keikutsertaan selama dua hari penuh, peserta menunjukkan antusiasme peserta untuk mengasosiasikan informasi, khususnya terkait pembuatan e-learning dan pengembangan konten. Hasil evaluasi berupa tugas mandiri membuahkan hasil yang baik, dimana seluruh peserta mampu mengerjakan tugas secara mandiri, dengan durasi yang berbeda-beda untuk setiap peserta.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengabdian masyarakat, Learning methods, Learning processes, Learning management system, Moodle, Teachers, Electronic learning
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 29 Oct 2024 06:38
Last Modified: 29 Oct 2024 06:38
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/35864

Actions (login required)

View Item
View Item