Iswatun, Khasanah (2023) Pemahaman keterampilan dasar konseling pada mahasiswa kelas konseling individual. Islamic Education and Counseling Journal, 2 (2): 8. pp. 1-6. ISSN 2828-5905
2828-5905_2_2_2023-8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (72kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman mahasiswa terhadap keterampilan dasar konseling pada kelas konseling individual program studi bimbingan konseling pendidikan islam STIT Ihsanul Fikri Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian populasi, yaitu subyek penelitian diambil dari jumlah keseluruhan kelas konseling individual yang berjumlah 30 (tiga puluh) orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskripstif dengan teknik presentase yaitu statistik yang berfungsi untuk mendeskripsikan atau memberi gambaran pada objek yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemahaman keterampilan dasar konseling mahasiswa pada kelas konseling individual pada kategori tinggi. Artinya sebagian besar mahasiswa memahami dengan baik keterampilan dasar konseling dan mengimplementasikan dalam praktik konseling individual. Pemahaman keterampilan dasar konseling sebagai dasar latihan dan pengalaman praktik konseling bagi mahasiswa sebelum menjadi guru BK di sekolah. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan dan meneliti dengan variabel yang berbeda namun berkaitan dengan kemampuan yang harus dimiliki guru BK sebagai calon guru BK di sekolah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahanan, Konseling, Mahasiswa, Learning, Comprehension, Apperception, Educational counseling, Social skills--Study and teaching |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 02:35 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 02:35 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/35857 |