Naufal, Kurniawan and Farhan, Audri Al Firdausy (2023) Pengaruh pergantian kurikulum KTSP menjadi kurikulum 2013. Islamic Education and Counseling Journal, 2 (2): 3. pp. 21-27. ISSN 2828-5905
2828-5905_2_2_2023-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (209kB) | Preview
Abstract
Kurikulum sebagai suatu rencana tertulis tentang pembelajaran (dokumen pendidikan). kurikulum sebagai suatu rencana tertulis memiliku format tertentu. Di Indonesia kita mengenal format matriks yang digunakan kurikulum 1975, kurikulum 1986, kurikulum 1994, dan seterusnya. Peruabahan kurikulum yang semula KTSP menjadi kurikulum 2013 menimbulkan banyak perubahan dan pengaruh dalam pembelajaran. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pergantian kurikulum KTSP mejadi K13 pada sekolah dasar. Dengan metode wawancara pada salah satu guru dan lembaga pendidikan diharapkan mampu dijadikan analisis pada pergantian kurikum ini. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sejak diberlakukannya kurikulum 2013 di semua jenjang pendidikan, baik di tingkat SD, SMP, sampai dengan SMA. Guru banyak menghadapi masalah dalam penerapan kurikulum 2013, khusunya kurikulum 2013 revisi yang diterapkan di MIM 11 Sumberagung. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan masalah yang dihadapi guru dalam penerapan kurikulum 2013 revisi di SD. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tidak semua masalah yang dihadapi guru karenakesalahan di dalam kurikupum 2013, tetapi guru juga harus mampu memaksimalkan kemampuan profesionalnya untuk menjawab tantangan-tantangan di dalam kurikulum 2013.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perubahan kurikulum, Kurikulum KTSP, Kurikulum 2013, Curriculum |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 07:53 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 07:53 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/35843 |