Dwi, Christina Rahayuningrum and Emira, Apriyeni and Helena, Patricia (2024) Hubungan perilaku bullying dengan kemampuan interaksi sosial pada remaja. MAHESA: Malahayati Health Student Journal, 4 (3): 22. pp. 1040-1050. ISSN 2746-198X
2746-198X_4_3_2024-22.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (231kB) | Preview
Abstract
Kasus bullying disekolah menduduki peringkat teratas pengaduan masyarakat ke komisi perlindungan anak (KPAI) di sektor pendidikan. Sumatera Barat memiliki angka prevalensi anak mengalami kekerasan di sekolah sebesar 28%, sedangkan anak pelaku kekerasan disekolah 29%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan perilaku bullying dengan kemampuan interaksi sosial pada remaja di SMPN 26 Padang. Desain penelitian cross sectional study. Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2023, dengan jumlah populasi 588 orang dan sampel 240 orang siswa kelas 7 dan 8 SMP N 26 Padang. Pengambilan sampel dengan teknik proportional random sampling dengan menggunakan instrument penelitian berupa kuesioner. Hasil penelitian didapatkan lebih dari separuh responden (52,1%) dengan interaksi yang kurang, lebih dari separuh responden (59,6%) dengan perilaku bullying yang tinggi. Hasil uji Chi-Square didapatkan hubungan antara perilaku bullying dengan interaksi sosial diperoleh nilai p=0,000. Disimpulkan bahwa interaksi sosial merupakan salah satu faktor terjadinya perilaku bullying pada siswa. Disarankan kepada pihak sekolah untuk meningkatkan ekstrakurikuler disekolah
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku bullying, Interaksi sosial, Remaja, Adolescents, Social interaction, Bullying |
Subjects: | Health Resources > Community & Population Characteristics Social and Political Sciences > Social Concerns |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 07:51 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 07:51 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/35670 |