Ardian, Ardian (2024) Strategi bisnis layanan health and beauty store dalam peningkatan kinerja ritel farmasi PT. X. Manuju: Malahayati Nursing Journal, 6 (3): 35. pp. 1274-1289. ISSN 2655-2728
2655-2728_6_3_2024-35.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (488kB) | Preview
Abstract
Health and beauty Store PT.X merupakan unit bisnis yang bergerak di bidang retail farmasi modern sejak tahun 2019. Memasuki tahun 2023 tercatat bahwa kinerja bisnis mengalami penurunan dari tahun ke tahun dan tidak mencapai target perusahaan. Kondisi tersebut disebabkan strategi bisnis yang dilakukan selama ini masih belum mampu menghasilkan kinerja yang di harapkan. Manajemen strategi merupakan proses untuk menghasilkan strategi–strategi yang dapat di gunakan oleh perusahaan melalu analisis faktor-faktor internal dan eksternal perusahaan. Analisis lingkungan eksternal dan lingkungan internal dapat dijadikan acuan utama untuk melakukan perbaikan strategi pemasaran. Menetapkan strategi bisnis untuk Health and Beauty store PT. X yang dapat menghasilkan kinerja bisnis yang diharapkan. Analisis lingkungan ekternal dan internal tersebut digabungkan dengan analisis SWOT, kemudian dilakukan penetapan prioritas strategi dari hasil analisis SWOT dengan matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Hasil penelitian bahwa health and beauty store PT.X dapat melakukan strategi integrasi ke depan, ke belakan dan horizontal. Selain itu, membuat weekly promo yang lebih massive menjadi strategi yang tepat untuk dapat meningkatkan kinerja bisnis perusahan. Pelaksanaan dari strategi tersebut perlu di laksanakan dengan action plan secara konsisten. Berdasarkan hasil analisis strategi yang dilakukan terhadap Health and Beauty store PT.X melalui 3 tahapan analisis yaitu input stage, matching stage dan decision stage dapat disimpulkan beberapa hal diantaranya, strategi yang sesuai adalah strategi SO (Strength – Opportunity) dengan 5 alternatif strategi yang kemudian diperoleh Strategi prioritas berupa membuat weekly promo lebih massive.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi bisnis, SWOT, QSPM, Marketing techniques, SWOT analysis, Retail trade, Pharmacy |
Subjects: | Medicine & Biology > Pharmacology & Pharmacological Chemistry Administration & Management > Management Practice |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 09:29 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 09:29 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/35399 |