Efektivitas pendidikan kesehatan metode peer group terhadap pengetahuan, sikap, dan perilaku personal hygiene saat menstruasi pada siswi kelas 10 di SMA Perguruan Rakyat 2

Desvi, Syam Wilis and Wintarsih, Wintarsih (2024) Efektivitas pendidikan kesehatan metode peer group terhadap pengetahuan, sikap, dan perilaku personal hygiene saat menstruasi pada siswi kelas 10 di SMA Perguruan Rakyat 2. Manuju: Malahayati Nursing Journal, 6 (3): 31. pp. 1222-1228. ISSN 2655-2728

[thumbnail of 2655-2728_6_3_2024-31.pdf]
Preview
Text
2655-2728_6_3_2024-31.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (209kB) | Preview

Abstract

Pendidikan kesehatan ialah satu diantara pendekatan yang efektif dalam meningkatkan pemahaman, sikap, serta tindakan tentang kebersihan pribadi, khususnya ketika menstruasi. Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) 2017, sebanyak 63,9% remaja putri masih mempunyai tindakan kebersihan yang buruk ketika menstruasi, dan perihal tersebut dikarenakan oleh terbatasnya berita serta pemahaman terkait kebersihan diri sepanjang menstruasi. Penulisan bermaksud memahami efektifitas Pendidikan Kesehatan teknik peer group terkait pemahaman, sikap, serta tindakan personal hygiene ketika menstruasi pada murid perempuan kelas 10 di SMA Perguruan Rakyat 2. Riset ini memakai desain quasy eksperiment one group pretest-posttest design. Populasi pada riset ini semua murid perempuan kelas 10 di SMA Perguruan Rakyat 2. Jumlah responden 55 orang siswi, sebelum dan seusai diberikan Pendidikan Kesehatan peer group 55 orang. Hasil output tersebut memaparkan uji korelasi sampel berpasangan atau kaitan antara dua data (variabel pretest dan variabel posttest). Menurut output tersebut, diketahui bahwa nilai signifikansi (Sig.) adalah 0.623. Sebab nilai Sig. 0.623 > 0.05, bisa ditarik kesimpulan bahwasannya tidak ada kaitan yang signifikan antara variabel pretest dengan variabel posttest. Simpulan didapatkan bahwa ada perubahan pengetahuan, sikap, serta tindakan personal hygiene ketika menstruasi pada murid perempuan SMA, dimana hasil uji Paired sample T-test, ditunjukkan yakni skor sig 0.046, yang berarti 0,000 > 0.05.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode peer group, Personal hygiene, Menstruasi, Menstruation, Health education, Peer group method
Subjects: Health Resources > Health Education & Manpower Training
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 03 Oct 2024 06:16
Last Modified: 03 Oct 2024 06:16
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/35395

Actions (login required)

View Item
View Item