Pelatihan kompetensi guru sekolah minggu dalam penerapan project based learning berbasis kearifan lokal di Jemaat Immanuel Boswezen Sorong

Sherly, Gaspersz and Natasya, V. Leuwol and Windy, Wonmaly (2024) Pelatihan kompetensi guru sekolah minggu dalam penerapan project based learning berbasis kearifan lokal di Jemaat Immanuel Boswezen Sorong. Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat, 7 (3): 2. pp. 953-966. ISSN 2615-0921

[thumbnail of 2615-0921_7_3_2024-2.pdf]
Preview
Text
2615-0921_7_3_2024-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (595kB) | Preview

Abstract

Sekolah Minggu adalah bentuk kelompok pelayanan dalam gereja yang perlu mendapat perhatian serius dari para pekerja gereja. Sekolah Minggu sebagai salah satu jenis pendidikan non formal memuat anggota gereja yang masih muda dan perlu diberi bekal pendidikan Alkitabiah dan pendasaran iman yang sesuai dengan ajaran gereja. Pengajaran ini perlu dilakukan oleh Guru Sekolah Minggu (GSM) yang memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan yang cukup dalam melaksanakan panggilan pengajarannya yang tidak hanya berfokus pada aktifitas ceramah, cerita dan diskusi pada setiap pengajarannya. Melainkan perlu adanya penerapan model pembelajaran yang aktif dan inovatif agar tidak terkesan monoton berupa Project Based Learning (PjBL) yang diberikan dalam suatu pelatihan kompetensi GSM dalam mengajar. Tujuan utama dari kegiatan pelatihan ini agar menciptakan suasana pembelajaran yang mendorong anak lebih bisa berkolaborasi aktif, kreatif, dan inovatif dalam pembelajaran dikelas, berpikir kritis serta empati dengan sesama. Metode PjBL ini diajarkan dalam sebuah pendekatan kontekstual yang berbasis kearifan lokal sehingga bisa memperkaya wawasan berpikir terkait pengetahuan local wisdom sebagai bahan edukasi sekaligus melestarikan kearifan lokal masyarakat secara khusus di Tanah Papua. Tahapan yang dilalui dalam kegiatan pelatihan berupa, Observasi terhadap kondisi mitra, pelaksanaan pelatihan dengan berbagi materi Guru Sekolah Minggu Cerdas Berkarakter, Project Based Learning berbasis Kearifan Lokal, serta Diskusi Proyek Pengajaran yang dilakukan pada Anak Sekolah Minggu (ASM) dan Pembuatan Proyek Kearifan Lokal. Kegiatan pelatihan penerapan PjBL ini telah berjalan dengan baik dan mendapatkan perhatian khusus dari GSM dan Badan Pelayan GSM sendiri dalam menciptakan suasana baru untuk mendukung sebuah proses pembelajaran yang produktif, kreatif dan inovatif yang mana memberikan dampak positif kepada ASM dalam rangka pengembangan sumber daya manusia yang berkarakter.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pelatihan kompetensi, Guru sekolah Minggu, Kearifan lokal, Competency based teaching, Local wisdom, Project based learning, Teachers, Sunday schools
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 30 Sep 2024 05:49
Last Modified: 30 Sep 2024 05:49
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/34976

Actions (login required)

View Item
View Item