Strategi guru dalam mengembangkan tanggungjawab pada kelompok bermain kesatuan bangsa Yogyakarta

Yuni, Yulia Farikha and Nazauma, Nareswara Wulataka and Yuliani, Prahesti (2023) Strategi guru dalam mengembangkan tanggungjawab pada kelompok bermain kesatuan bangsa Yogyakarta. Lentera Paud: Islamic Education and Counseling Journal, 2 (1): 8. ISSN 2964-5832

[thumbnail of 2964-5832_2_1_2023-8.pdf]
Preview
Text
2964-5832_2_1_2023-8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (231kB) | Preview

Abstract

Golden age pada anak merupakan tahapan perkembangan dan pertumbuhan emas yang terjadi di masa-masa awal kehidupannya terlahir di dunia, oleh sebab itu penting bagi kita sebagai guru untuk membangun karakter anak usia dini karena mereka merupakan generasi yang akan membangun bangsa ini. Konsep dasar pendidikan karakter di Indonesia merupakan pendidikan nilai-nilai luhur yang bersumber dari nilai agama, Pancasila, budaya bangsa dan tujuan pendidikan nasional yang mencakup aspek pengetahuan moral (moral knowing), sikap moral (moral feeling) dan perilaku moral (moral behavior).Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif . Penelitian kualitatif adalah penelitian yang berangkat dari inkuiri naturalistic yang teman temannya tidak diperoleh dari prosedur secara statistik.Peserta didik juga dilatih untuk bertanggungjawab untuk mengembalikan kursi dengan rapi, bertanggujawab terhadap barang miliknya yang dibawa ke perpustakaan. Guru melatih tanggungjawab ini dengan mengingatkan selalau kepada peserta didik diawal saat masuk perpustakaan bahwa mereka harus mengembalikan buku pada tempat pengembalian dan bertanggungjawab merapikan kursi serta bertanggungjawab dengan barang miliknya masig-masing, selanjutnya guru akan mengingatkan kembali setelah kegiatan akan berkahir jadi peserta didik aka mengingat kembali apa yang harus mereka lakukan. Kesimpulan ini menggarisbawahi betapa pentingnya peran guru dalam membantu anak-anak mengembangkan sikap tanggung jawab di kelompok bermain. Melalui pendekatan yang konsisten dan terstruktur, anak-anak dapat memahami, menginternalisasi, dan mengamalkan tanggung jawab dalam interaksi sehari-hari.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi guru, Mengembangkan, Tanggung jawab, Kelompok bermain, Teachers, Competency based teaching, Play groups, Learning methods, Character building, Golden age
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 24 Oct 2024 08:49
Last Modified: 24 Oct 2024 08:49
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/34967

Actions (login required)

View Item
View Item