Strategi pengembangan pembelajaran dengan stimulasi kecerdasan majemuk pada anak usia dini

Anisa, Agustanti and Budi, Haifa Choirunissa and Yuliani, Prahesti (2023) Strategi pengembangan pembelajaran dengan stimulasi kecerdasan majemuk pada anak usia dini. Lentera Paud: Islamic Education and Counseling Journal, 2 (1): 8. ISSN 2964-5832

[thumbnail of 2964-5832_2_1_2023-9.pdf]
Preview
Text
2964-5832_2_1_2023-9.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (223kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk dalam pendidikan anak usia dini adalah proses pembelajaran yang tidak monoton atau bervariasi tentunya menarik perhatian perserta didik. Semua pendidik berharap setelah bermain sambil belajar, para peserta didik dapat mengerti nilai yang disampaikan secara optimal. Kecerdasan majemuk memberikan dorongan atau motivasi kepada anak untuk melakukan sesuatu saat pembelajaran, seperti bentuk motivasi itu pendidik memberikan hadiah atau ucapan yang membuat anak menjadi lebih percaya diri. Penelitian ini menggunakan metode Systemic Literatur Review dengan cara mengumpulkan sumber jurnal yang berkaitan dengan topik penelitian. Hasil penelitian dengan mengkaji jurnal penelitian yang berkaitan yaitu strategi pengembangan kecerdasan majemuk bisa dilakukan dengan beberapa strategi pembelajaran, antara lain strategi pembelajaran metode Montessori, strategi pembelajaran STEAM dan Loose Parts, dan strategi pembelajaran Proyek. Setiap permaian merupakan upaya stimulasi untuk mengembangkan semua kecerdasan, dalam satu permainan bisa merangkap beberapa aspek kecerdasan. Saran dari peneliti untuk pendidik menguasai konsep-konsep kecerdasan majemuk dan metode pembelajarannya sehingga pendidik dan orang tua sama-sama bisa berperan serta dalam perkembangan anak. Pendidik dalam proses pembelajaran harus memahami karakteristik anak sehingga dapat memberikan suatu pengajaran yang sesuai dengan aspek perkembangan anak. Kecerdasanmajemuk dapat digunakan dalam proses pembelajaran, tanpa harus membedakan antara kecerdasan anak yang satu dengan anak yang lainnya dengan harapan pembelajaran dapat tercapai dengan optimal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Pembelajaran, Stimulasi, Kecerdasan majemuk, Learning processes, Stimulation, Learning methods, Multiple intelligences
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 24 Oct 2024 04:35
Last Modified: 24 Oct 2024 04:35
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/34966

Actions (login required)

View Item
View Item