Pengaruh stimulasi orang tua lingkungan sekolah dan interaksi sosial sebagai variabel mediasi terhadap kemampuan bahasa anak usia dini

Eka, Wartani and Rivo, Panji Yudha (2023) Pengaruh stimulasi orang tua lingkungan sekolah dan interaksi sosial sebagai variabel mediasi terhadap kemampuan bahasa anak usia dini. Lentera Paud: Islamic Education and Counseling Journal, 2 (1): 2. ISSN 2964-5832

[thumbnail of 2964-5832_2_1_2023-2.pdf]
Preview
Text
2964-5832_2_1_2023-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (353kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh stimulasi orangtua lingkungan sekolah dan interaksi sosial sebagai variabel mediasi terhadap kemampuan bahasa anak usia dini. Penelitian ini dikategorikan sebagai explanatory research, yaitu penelitian yang bertujuan menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Populasi pada penelitian ini orang tua siswa TK yang berada di Kecamatan Salaman dengan total 545. Sampel penelitian ditetapkan 60 orang (orang tua murid). Variabel penelitian dalam analisis jalur dibagi menjadi variabel bebas (independent variable) dan variabel terikat (dependent variable). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel stimulasi orang tua berpengaruh terhadap interaksi sosial, variabel lingkungan Sekolah berperangaruh terhadap interaksi sosial, variabel stimulasi Orang tua tidak berpengaruh terhadap kemampuan bahasa anak, variabel lingkungan sekolah tidak berperangaruh terhadap kemampuan bahasa anak, variabel interaksi sosial berpengaruh terhadap kemampuana bahasa anak, variabel stimulasi orang tua berpengaruh terhadap kemampuan bahasa melalui variabel interaksi sosial sebagai variabel mediasi, dan variabel lingkungan sekolah tidak berpengaruh terhadap kemampuan bahasa melalui variabel interaksi sosial sebagai variabel mediasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Stimulasi orang tua, Lingkungan sekolah, Interaksi sosial, Kemampuan bahasa, Anak usia dini, Early childhood, Social interaction, Verbal communication, Verbal learning, Verbal ability, Stimulation
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language > Linguistics
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 24 Oct 2024 04:56
Last Modified: 24 Oct 2024 04:56
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/34964

Actions (login required)

View Item
View Item