Suparmiati, Suparmiati and Aulia, Nurul Rahma (2023) Pembelajaran loosepart di alam terbuka untuk mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di PAUD IT Zaid Bin Tsabit 3. Lentera Paud: Islamic Education and Counseling Journal, 2 (1): 6. ISSN 2964-5832
2964-5832_2_1_2023-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (366kB) | Preview
Abstract
Pendidikan prasekolah merupakan landasan pendidikan yang paling dasar bagi anak. Dimana pendidikan prasekolah mendidik anak pada masa emas, masa emas adalah masa dimana anak dengan mudah menerima, meniru dan menyerap informasi yang dialami dan dilihat oleh anak, sehingga pada usia dari PAUD, anak perlu dididik dengan baik dan bersenang-senang, Loosepart adalah media pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak dimana dengan menggunakan media lepas anak akan membangkitkan ide dan gagasan melalui melalui sarana yang disediakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara kualitatif kegiatan belajar lepasan yang sifatnya untuk mengembangkan kreativitas pada usia prasekolah, jumlah subjek penelitian adalah 22 anak, terdiri dari 6 perempuan dan 16 laki-laki, melalui observasi, dokumentasi dan wawancara yang kami gunakan dalam jalannya penelitian ini, dan data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dari Miles & Huberman, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAUD sebaiknya melakukan kegiatan outdoor party untuk meningkatkan semangat belajar dan membuat belajar menjadi menyenangkan pada anak sehingga anak lebih kreatif dan inovatif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Anak usia dini, Loosepart, Alam, Learning processes, Early childhood, Natural sciences |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 03:32 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 03:32 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/34961 |