Keterampilan menemukan kalimat pokok dan pendukung teks deskripsi menggunakan pendekatan konstruktivisme dalam LKPD kreatif

Nur, Amelia (2023) Keterampilan menemukan kalimat pokok dan pendukung teks deskripsi menggunakan pendekatan konstruktivisme dalam LKPD kreatif. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (Jurnal Pembahas), 2 (6): 10. pp. 807-814. ISSN 2809-5367

[thumbnail of 2809-5367_2_6_2023-10.pdf]
Preview
Text
2809-5367_2_6_2023-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (588kB) | Preview

Abstract

Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keterampilan menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung teks deskripsi menggunakan pendekatan konstruktivisme dalam LKPD kreatif; 2) sama-tidaknya keterampilan menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung teks deskripsi menggunakan pendekatan konstruktivisme dalam LKPD kreatif per kelompok sampel. Penelitian dilaksanakan di MTs Masmur, Pekanbaru di awal semester ganjil 2023/2024. Populasi penelitian adalah para siswa kelas 7 yang mengikuti pembelajaran keterampilan menemukan gagasan teks deskripsi menggunakan pendekatan konstruktivisme dalam LKPD kreatif. Mereka berjumlah 53 siswa yang terdiri atas 26 siswa kelas 7-1 dan 27 siswa kelas 7-2. Sampel ditetapkan sebanyak 49 siswa yang ditarik secara random sederhana dari setiap kelompok populasi dengan sistem tanpa pengembalian. Jumlah ini terbagi dari 24 siswa kelas 7-1 dan 25 siswa kelas 7-2. LKPD kreatif sebagai bahan dan media pembelajaran berisi 5 fase pembelajaran; khusus untuk fase-3 yakni fase rekonstruksi gagasan berisi tunjuk-ajar tentang cara menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung teks deskripsi. Untuk mengumpulkan data keterampilan menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung teks deskripsi menggunakan pendekatan konstruktivisme dalam LKPD kreatif digunakan tes pilihan ganda yang disusun secara objektif yang memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Data dianalisis melalui prosedur statistik inferensial parametrik uji t satu sampel dan uji t sampel independen. Hasil penelitian: 1) keterampilan menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung teks deskripsi menggunakan pendekatan konstruktivisme dalam LKPD kreatif mencapai mean 6,59 (73,24 persen); 2) tidak terdapat perbedaan keterampilan menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung teks deskripsi menggunakan pendekatan konstruktivisme dalam LKPD kreatif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gagasan pokok, Gagasan pendukung, Teks deskripsi, Pendekatan konstruktivisme, LKPD kreatif, Middle school students, Constructivism (Education), Discourse analysis, Description (Rhetoric), Linguistic analysis (Linguistics)
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language > Linguistics
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 21 Oct 2024 04:20
Last Modified: 21 Oct 2024 04:20
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/34556

Actions (login required)

View Item
View Item