Keunggulan pendekatan konstruktivisme menggunakan LKPD manual dalam pembelajaran keterampilan membaca teks eksplanasi

Muhammad, Regi Rizqi Fauz (2023) Keunggulan pendekatan konstruktivisme menggunakan LKPD manual dalam pembelajaran keterampilan membaca teks eksplanasi. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (Jurnal Pembahas), 2 (6): 9. pp. 797-806. ISSN 2809-5367

[thumbnail of 2809-5367_2_6_2023-9.pdf]
Preview
Text
2809-5367_2_6_2023-9.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (598kB) | Preview

Abstract

Penelitian deskriptif-komparatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) mean hasil belajar keterampilan membaca teks eksplanasi melalui pendekatan konstruktivisme menggunakan LKPD manual; 2) men hasil belajar keterampilan membaca teks eksplanasi melalui pendekatan konstruktivisme menggunakan BSE Bahasa Indonesia; 3) unggul-tidaknya LKPD manual melalui pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran keterampilan membaca teks eksplanasi. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Cililin pada semester ganjil 2023/2024. Populasi penelitian adalah para siswa kelas XI yang mengikuti pembelajaran quasi-eksperimen. Mereka berjumlah 66 siswa yang terbagi dari 32 siswa kelas XI MIPA-1 dan 34 siswa kelas XI MIPA-6. Sampel berjumlah 57 siswa yang ditetapkan berdasarkan formula Slavin. Jumlah terbadi dari 28 siswa kelas XI MIPA-1 dan 29 siswa kelas XI MIPA-6 yang dipilih secara random sederhana tanpa pengembalian. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan instrumen tes pilihan ganda yang disusun secara objektif guna memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Data dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial parametrik uji t satu sampel dan uji t sampel independen. Hasil penelitian: 1) hasil belajar keterampilan membaca teks eksplanasi melalui pendekatan konstruktivisme menggunakan LKPD manual mencapai skor baku mean 76,15; 2) hasil belajar keterampilan membaca teks eksplanasi melalui pendekatan konstruktivisme menggunakan BSE Bahasa Indonesia mencapai skor baku mean 70,54; 3) penggunaan LKPD manual melalui pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran keterampilan membaca teks eksplanasi unggul dibandingkan dengan penggunaan BSE Bahasa Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keunggulan, Pendekatan konstruktivisme, LKPD manual, Keterampilan membaca, Teks eksplanasi, High school students, Reading (Middle school), Constructivism (Education), Linguistic analysis (Linguistics), Explanation (Linguistics)
Subjects: Computers, Control & Information Theory
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language > Linguistics
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 21 Oct 2024 04:10
Last Modified: 21 Oct 2024 04:10
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/34555

Actions (login required)

View Item
View Item