Pengaruh teknik tugas menyalin dalam LKPD khusus untuk pembelajaran kisah teladan Umar bin Khaththab

Ari, Ukmal (2023) Pengaruh teknik tugas menyalin dalam LKPD khusus untuk pembelajaran kisah teladan Umar bin Khaththab. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (Jurnal Pembahas), 2 (6): 8. pp. 787-796. ISSN 2809-5367

[thumbnail of 2809-5367_2_6_2023-8.pdf]
Preview
Text
2809-5367_2_6_2023-8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (555kB) | Preview

Abstract

Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) hasil belajar memahami kisah teladan Umar Bin Khaththab yang menggunakan teknik tugas menyalin dalam LKPD khusus; 2) hasil belajar memahami kisah teladan Umar Bin Khaththab yang menggunakan teknik Aktivitasku dalam BSE Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti; 3) sama-tidaknya hasil belajar memahami kisah teladan Umar Bin Khaththab antara pembelajaran yang menggunakan LKPD khusus dengan pembelajaran yang menggunakan BSE Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian dilaksanakan di SD Taruna Islam, Pekanbaru di akhir semester ganjil 2023/2024. Populasi penelitian adalah para siswa kelas 5 yang mengikuti pembelajaran memahami kisah teladan Umar Bin Khaththab yang menggunakan teknik pembelajaran tugas menyalin dalam LKPD khusus yang menggunakan teknik latihan dalam BSE Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Mereka berjumlah 21 siswa. Sampel ditetapkan sebanyak 20 siswa yang ditarik secara random sederhana dari setiap kelompok populasi dengan sistem tanpa pengembalian. Untuk mengumpulkan data memahami kisah teladan Umar Bin Khaththab digunakan tes pilihan ganda yang disusun secara objektif guna memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Data dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial parametrik uji t satu sampel dan uji t sampel independen. Hasil penelitian: 1) hasil belajar memahami kisah teladan Umar Bin Khaththab yang menggunakan teknik tugas menyalin dalam LKPD khusus mencapai mean 9,29 (77,42 persen); 2) hasil belajar memahami kisah teladan Umar Bin Khaththab yang menggunakan teknik Aktivitasku dalam BSE Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti mencapai mean 8,45 (70,42 persen); 3) hasil belajar memahami kisah teladan Umar Bin Khaththab antara pembelajaran yang menggunakan LKPD khusus dengan pembelajaran yang menggunakan BSE Agama Islam dan Budi Pekerti tidak sama, tetapi sama-sama dapat mencapai KKM 70,00.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Teknik tugas menyalin, LKPD khusus, Kisah teladan, Umar Bin Khaththab, School children, Elementary school teaching, Active learning, School supervision, Elementary
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language > Linguistics
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 18 Oct 2024 02:41
Last Modified: 18 Oct 2024 02:41
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/34552

Actions (login required)

View Item
View Item