Pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi

Restu, Handayani and Rina, Sartika and Yulia, Pebriani (2023) Pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (Jurnal Pembahas), 2 (6): 4. pp. 743-754. ISSN 2809-5367

[thumbnail of 2809-5367_2_6_2023-4.pdf]
Preview
Text
2809-5367_2_6_2023-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (833kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan: 1) keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Lengayang dalam pembelajaran sebelum penggunaan model Problem Based Learning; 2) keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Lengayang dalam pembelajaran sesudah penggunaan model Problem Based Learning; 3) pengaruh penggunanaan model Problem Based Learning dalam pembelajaran keterampilan menulis teks eksplanasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan model quasi-eksperimen via desain one group posttest-pretest. Populasi penelitian ini adalah 27 siswa kelas XI-1 SMA Negeri 3 Lengayang. Sampel berjumlah 26 siswa yang ditarik secara random tanpa pengembalian. Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes unjuk kerja yakni menulis teks ekspalani. Data dianalisis secara statistik inferensial yakni uji t satu satu sampel dan uji t sampel independen. Semua syarat pengujian terpenuhi. Hasil penelitian: 1) keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI-1 SMA Negeri 3 Lengayang dalam pembelajaran sebelum penggunaan model Problem Based Learning menghasilkan mean sebesar 3,76 atau setara dengan skor baku persen 68,80; pada kualifikasi sedang; 2) keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI-1 SMA Negeri 3 Lengayang dalam pembelajaran sesudah penggunaan model Problem Based Learning menghasilkan mean sebesar 16,20 atau setara dengan skor baku persen 81,00; pada kualifikasi tinggi; 3) penggunanaan model Problem Based Learning dalam pembelajaran keterampilan menulis teks eksplanasi terhadap siswa kelas XI-1 SMA Negeri 3 Lengayang berpengaruh signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Problem based learning, Keterampilan menulis, Teks eksplanasi, Writing skills, Problem-based learning, Explanatory text, Secondary education
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language > Linguistics
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 11 Oct 2024 07:11
Last Modified: 11 Oct 2024 07:11
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/34532

Actions (login required)

View Item
View Item