Restu, Handayani and Rina, Sartika and Yulia, Pebriani (2023) Pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (Jurnal Pembahas), 2 (6): 4. pp. 743-754. ISSN 2809-5367
2809-5367_2_6_2023-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (833kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan: 1) keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Lengayang dalam pembelajaran sebelum penggunaan model Problem Based Learning; 2) keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Lengayang dalam pembelajaran sesudah penggunaan model Problem Based Learning; 3) pengaruh penggunanaan model Problem Based Learning dalam pembelajaran keterampilan menulis teks eksplanasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan model quasi-eksperimen via desain one group posttest-pretest. Populasi penelitian ini adalah 27 siswa kelas XI-1 SMA Negeri 3 Lengayang. Sampel berjumlah 26 siswa yang ditarik secara random tanpa pengembalian. Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes unjuk kerja yakni menulis teks ekspalani. Data dianalisis secara statistik inferensial yakni uji t satu satu sampel dan uji t sampel independen. Semua syarat pengujian terpenuhi. Hasil penelitian: 1) keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI-1 SMA Negeri 3 Lengayang dalam pembelajaran sebelum penggunaan model Problem Based Learning menghasilkan mean sebesar 3,76 atau setara dengan skor baku persen 68,80; pada kualifikasi sedang; 2) keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI-1 SMA Negeri 3 Lengayang dalam pembelajaran sesudah penggunaan model Problem Based Learning menghasilkan mean sebesar 16,20 atau setara dengan skor baku persen 81,00; pada kualifikasi tinggi; 3) penggunanaan model Problem Based Learning dalam pembelajaran keterampilan menulis teks eksplanasi terhadap siswa kelas XI-1 SMA Negeri 3 Lengayang berpengaruh signifikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem based learning, Keterampilan menulis, Teks eksplanasi, Writing skills, Problem-based learning, Explanatory text, Secondary education |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Language > Linguistics |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 07:11 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 07:11 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/34532 |