Keampuhan bahasa melalui teknik tugas menyalin dalam LKPD sederhana terhadap hasil belajar IPS

Pasmawati, Pasmawati (2023) Keampuhan bahasa melalui teknik tugas menyalin dalam LKPD sederhana terhadap hasil belajar IPS. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (Jurnal Pembahas), 2 (6): 3. pp. 729-742. ISSN 2809-5367

[thumbnail of 2809-5367_2_6_2023-3.pdf]
Preview
Text
2809-5367_2_6_2023-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (694kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) hasil belajar IPS karena aspek bahasa melalui teknik tugas menyalin dalam LKPD sederhana; 2) hasil belajar IPS tanpa aspek bahasa yang bersumber dari teknik tugas menyalin dalam LKPD sederhana; 3) sama-tidaknya hasil belajar IPS antara kelas yang menggunakan bahan ajar yang berisi aspek bahasa melalui teknik tugas menyalin dan bahan ajar yang tidak berisi teknik tugas menyalin. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Tembilah Hulu, Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Kegiatan penelitian berlangsung di awal semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas 8 yang mengikuti pembelajaran IPS kompetensi pluralisme bahasa daerah di Indonesia yang berjumlah 50 siswa. Jumlah populasi ini terbagi dari kelas 8A sejumlah 26 siswa dan kelas 8B sejumlah 24 siswa. Sampel ditetapkan sebanyak 44 siswa mengacu kepada formula yang dikembangkan Slavin; 23 siswa kelas 8A dan 21 siswa kelas 8B yang dipilih secara random sederhana tanpa pengembalian. Penelitian ini menerapkan quasi-eksperimen menggunakan kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes jawaban singkat secara manual. Data dianalisis secara statistik inferensial parametrik yakni uji t satu sampel dan uji t sampel independen. Syarat homogenitas variansi dan teknik sampling terpenuhi. Hasil penelitian: 1) hasil belajar IPS melalui LKPD sederhana yang berisi teknik tugas menyalin berkategori tinggi; 2) hasil belajar IPS melalui BSE yang tidak berisi teknik tugas menyalin berkategori sedang; 3) hasil belajar IPS untuk kelas yang menggunakan LKPD sederhana yang berisi teknik tugas menyalin lebih baik dibandingkan dengan BSE yang tidak berisi teknik tugas menyalin.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keampuhan bahasa, Teknik tugas menyalin, Bahan ajar, Hasil belajar IPS, Teaching materials, Academic achievement, Social science education, Teaching methods
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 14 Oct 2024 07:28
Last Modified: 14 Oct 2024 07:28
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/34528

Actions (login required)

View Item
View Item