Kualitas pelayanan publik kepengurusan kartu pencari kerja pada Dinas Sosial dan Transmigrasi Kabupaten Sigi

Jisman, Jisman and Novitasari, Novitasari (2023) Kualitas pelayanan publik kepengurusan kartu pencari kerja pada Dinas Sosial dan Transmigrasi Kabupaten Sigi. Jurnal Administrator: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 5 (2): 9. pp. 181-191. ISSN 1858-084X

[thumbnail of 1858-084X_5_2_2023-9.pdf]
Preview
Text
1858-084X_5_2_2023-9.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (329kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan publik kepengurusan kartu pencari kerja pada dinas sosial tenaga kerja dan transmigrasi kabupaten sigifaktor yang menghambat pelaksanaan pelayanan publik di kabupaten sigi. Dasar penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dan tipe penelitian dengan menggunakan pendekatan deskriktif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala dinas, Sekretaris dinas dan 3 (Tiga) masyarakat pengguna layanan Surat Keterangan pencari kerja. Jumlah informan dalam dalam penelitian ini adalah 5 (Lima) orang. Teknik pengumpulan data melalui informan yang disertai dengan observasi, wawancara dan dokumentasi Ada 4 (Empat) Dimensi/aspek tentang pelayanan yang ada didinas sosial tenaga kerja dan transmigrasi kabupaten sigi Palu yaitu, kecepatan, ketepatan, kemudahan, dan keadilan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelayanan pegawai dalam melayani masyarakat khususnya masyarakat yang mengurus Surat Keterangan pencari kerja sudah berjalan dengan cukup baik. Adapun factor yang penghambat dalam proses pelayanan dikabupaten sigi, yaitu dimana sering terjadi masyarakat tidak melengkapi persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan yang sesuai dengan dengan keperluan mereka, yaitu mendapatkan Surat Keterangan pencari kerjaakan tetapi bisa didapatkan karna hubungan keluarga, sehingga rasa keadilan yang perlu ditegakkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan publik, kecepatan, ketepatan, kemudahan, keadilan
Subjects: Administration & Management
Administration & Management > Public Administration & Government
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 18 Feb 2025 01:34
Last Modified: 18 Feb 2025 01:34
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/34319

Actions (login required)

View Item
View Item