Motivasi guru pada proses pembelajaran di masa pandemi Covid19 di SMA Negeri 1 Rio Pakava Kabupaten Donggala

Alifa, Raema Widana (2023) Motivasi guru pada proses pembelajaran di masa pandemi Covid19 di SMA Negeri 1 Rio Pakava Kabupaten Donggala. Jurnal Administrator: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 5 (1): 3. pp. 17-29. ISSN 1858-084X

[thumbnail of 1858-084X_5_1_2023-3.pdf]
Preview
Text
1858-084X_5_1_2023-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (375kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui Motivasi Guru Pada Proses Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 1 Rio Pakava Kabupaten Donggala. Jenis penelitian ini diskriptitf kualitatif dengan pendekatan kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara mendalam. Lokasi penelitian Di SMA Negeri 1 Rio Pakava Kabupaten Donggala. Informan penelitian sebanyak 5 (lima) orang guru dipilih secara purposive. Dengan sumber data observasi, wawancara, dokumentasi. Dengan menggunakan analisis data model interaktif Miles, and Huberman dalam saldana. Teori yang digunakan adalah teori yang di kemukakan oleh Mc Clelland (siagian 2004 : 167) bahwa ada 3 indikator yaitu kebutuhan akan prestasi, kebutuhan akan kekuasaan, dan kebutuhan akan afiliasi. Hasil penelitian Motivasi Guru Pada Proses Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 1 Rio Pakava Kabupaten Donggala mengalami penurunan di lihat dari segi aspek kebutuhan berprestasi bahwa motivasi guru dalam pembelajaran mengalamin penurunan yang di mana sistem pembelajaran kurang maksimal di masa pandemic covid 19 Para guru tetap berupaya memberikan pembelajaran yang tidak membosankan dan tetap mempertahankan motivasi belajar mengajar dimasa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Rio Pakava Kabupaten Donggala. Guru sudah mengupayakan model pembelajaran yang bervariasi seperti sistem belajar diskusi. Namun kendala yang terjadi adalah tidak semua siswa memiliki fasilitas seperti handphone dan laptop, selain itu juga murid yang kurang memahami sistem belajar online, sehingga motivasi belajar mengajar menjadi menurun.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Kebutuhan untuk berprestasi, Kebutuhan akan kekuasaan, Kebutuhan untuk berafiliasi
Subjects: Health Resources > Agency Administrative & Financial Management
Urban & Regional Technology & Development > Regional Administration & Planning
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 18 Feb 2025 01:33
Last Modified: 18 Feb 2025 01:33
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/34207

Actions (login required)

View Item
View Item