Pendampingan penyusunan strategi pemasaran sebagai dasar menghadapi persaingan untuk keunggulan bersaing PT. Bank KB Bukopin Cabang Madiun

Wahyu, Prabawati Putri Handayani and Christina, Esti Susanti (2023) Pendampingan penyusunan strategi pemasaran sebagai dasar menghadapi persaingan untuk keunggulan bersaing PT. Bank KB Bukopin Cabang Madiun. Share: Journal of Service Learning, 9 (2): 3. pp. 115-121. ISSN 2338-7866

[thumbnail of 2338-7866_9_2_2023-3.pdf]
Preview
Text
2338-7866_9_2_2023-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (305kB) | Preview

Abstract

PT Bank KB Bukopin merupakan industri perbankan yang menjalankan usaha berupa penghimpunan dana dan penyaluran kredit dengan tujuan untuk menjadi Bank yang tumbuh dan berkembang serta masuk ke kelompok bank menengah di Indonesia dari segi aset. PT Bank KB Bukopin menjalankan usaha berupa penghimpunan dana dan penyaluran kredit yang berfokus pada empat pilar utama yaitu bisnis Mikro, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Bisnis Konsumer serta Bisnis Komersial. Berdasarkan hasil identifikasi menunjukkan bahwa jumlah nasabah PT Bank KB Bukopin terus mengalami penurunan setiap tahunnya sehingga diperlukan strategi pemasaran untuk memenangkan persaingan pasar dan mendapatkan keunggulan bersaing. Analisis menggunakan strategi 7P (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence) menyatakan bahwa prioritas utama yang harus diperbaiki oleh PT Bank KB Bukobin Cabang Madiun adalah promotion. Kondisi ini terjadi karena kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT Bank KB Bukopin Cabang Madiun tergolong kurang maksimal jika dibandingkan dengan perusahaan pesaing yang sejenis. Tahap identifikasi masalah internal menunjukkan bahwa kegiatan promosi yang sedang dijalankan oleh PT Bank KB Bukopin Cabang Madiun saat ini terbatas pada: (1) sosialisasi ke dinas, sekolah, dan perusahaan; (2) sosial media melalui Instagram; (3) brosur. Oleh karena itu, perlu adanya kegiatan rencana promosi, seperti: 1) Menggunakan influencer marketing, 2) Memasang baliho di pusat keramaian, 3) Mengikuti event marketing, 4) Sms-WA blast, 5) Kerjasama dengan merchant, 6) Sosial media, 7) Kerjasama dengan perusahaan/instansi sebagai salah satu strategi untuk mendapatkan ke­unggulan bersaing.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, Analisis PEST, Marketing mix, Keunggulan bersaing, Marketing techniques, Competition, Banking
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 29 Sep 2024 06:50
Last Modified: 29 Sep 2024 06:50
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/34030

Actions (login required)

View Item
View Item