Tinjauan praktik dan makna pembelajaran remedial berdasarkan Matius 20:1-16

Franky, Boentolo (2023) Tinjauan praktik dan makna pembelajaran remedial berdasarkan Matius 20:1-16. Aletheia Christian Educators Journal, 4 (2): 5. pp. 66-76. ISSN 2776-3714

[thumbnail of 2776-3714_4_2_2023-5.pdf]
Preview
Text
2776-3714_4_2_2023-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (367kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran remedial merupakan bagian integratif dari proses pembelajaran, yang bertujuan menolong murid yang belum mencapai performa minimal yang ditentukan. Dalam pelaksanaannya, pembelajaran difokuskan pada aspek akademis, padahal potensi dampak positifnya dalam diri para murid bisa jauh lebih luas. Pelaksanaan pembelajaran remedial ditinjau dengan sudut pandang pendidikan Kristen, khususnya nats Matius 20:1-16 sebagai dasar tinjauan, yang mengajarkan prinsip keadilan dan kasih karunia. Model penelitian yang digunakan adalah studi literatur, baik dalam cakupan literatur pendidikan tentang pembelajaran remedial dan pendidikan Kristen, maupun tafsiran terhadap Matius 20:1-16. Hasil penelusuran literatur menggambarkan bahwa pembelajaran remedial dapat menjadi sarana perwujudan keadilan dan kasih karunia dalam bidang pendidikan, karena pembelajaran remedial merupakan wujud kasih karunia kepada murid yang membutuhkan bantuan, sekaligus menjadi upaya pemenuhan kebutuhan setiap murid. Namun demikian, pelaksanaan remedial perlu memperhatikan dua hal: direspons proaktif oleh murid yang membutuhkan, dan tidak membebani murid tersebut dengan tambahan biaya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kasih karunia, Keadilan, Menolong, Pembelajaran, Remedial, Remedial teaching, Tutors and tutoring, Religious education, Education (Christian theology), Theology--Study and teaching
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 26 Sep 2024 05:01
Last Modified: 26 Sep 2024 05:01
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/34021

Actions (login required)

View Item
View Item