Pengaruh penguatan positif terhadap sikap perhatian murid kelas satu sekolah dasar

Romirio, Torang Purba and Amelia, Paramitha Dewi Putri (2023) Pengaruh penguatan positif terhadap sikap perhatian murid kelas satu sekolah dasar. Aletheia Christian Educators Journal, 4 (2): 3. pp. 53-60. ISSN 2776-3714

[thumbnail of 2776-3714_4_2_2023-3.pdf]
Preview
Text
2776-3714_4_2_2023-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (265kB) | Preview

Abstract

Perhatian murid adalah sikap yang menunjukkan konsentrasi dan fokus saat pembelajaran berlangsung. Salah satu kegiatan yang berkaitan dengan sikap tersebut yakni melalui pemberian penguatan positif. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh penguatan positif terhadap sikap perhatian murid kelas satu sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimen Kuasi dengan Desain Posttest-Only. Jumlah subjek penelitian ada 40 murid, terdiri dari 20 murid untuk kelompok eksperimen dan 20 murid untuk kelompok kontrol. Instrumen penelitiannya berupa kuesioner sikap perhatian murid. Independent Sample t-Test digunakan sebagai teknik pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan positif berpengaruh terhadap sikap perhatian murid kelas satu sekolah dasar dengan nilai signifikansi sebesar 0.027 < alpha = 0.05.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Fokus belajar, Murid SD, Penguatan positif, Sikap perhatian, School children, Reinforcement learning, Grading and marking (Students), Promotion (School), Learning ability
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:49
Last Modified: 25 Sep 2024 04:49
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/34018

Actions (login required)

View Item
View Item