Lisa, Narwastu Kristsuana and Dani, Puspitasari and Glady, Delta and Agnes, Zega (2023) Penggunaan flash card untuk menumbuhkan minat anak usia dini dalam mendengarkan cerita. Aletheia Christian Educators Journal, 4 (2): 2. pp. 47-52. ISSN 2776-3714
2776-3714_4_2_2023-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (373kB) | Preview
Abstract
Usia dini merupakan masa sangat penting dalam perkembangan bahasa seseorang. Kemampuan berbahasa berpengaruh besar terhadap perkembangan kognitif, emosi, dan keterampilan sosial anak. Perkembangan bahasa anak meliputi kemampuan reseptif, kemampuan ekspresif, dan keaksaraan. Salah satu metode untuk mendukung perkembangan kemampuan reseptif adalah dengan metode bercerita. Masalah yang seringkali timbul dalam penggunaan metode bercerita adalah perhatian anak yang mudah teralihkan dan kurangnya minat untuk mendengarkan cerita. Menggunakan flashcard dalam metode bercerita dapat menarik minat anak untuk mendengarkan cerita, dan mendukung perkembangan kemampuan bahasa reseptif anak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan metode bercerita dengan media flashcard dalam menumbuhkan minat anak untuk mendengarkan cerita.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak usia dini, Bercerita, Flashcard, Minat membaca, Visual learning, Flash cards, Reading (Early childhood), Interpersonal communication in children, Storytelling |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Language > Linguistics |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 04:14 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 04:14 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/34015 |