Implementasi pembelajaran PPKn berbasis permainan tradisional pada mahasiswa PGSD

Hodriani, Junaidi and Usman, Alhudawi (2023) Implementasi pembelajaran PPKn berbasis permainan tradisional pada mahasiswa PGSD. Journal of Humanities and Civic Education, 1 (1): 3. pp. 17-28. ISSN 3031-4534

[thumbnail of 3031-4534_1_1_2023-3.pdf]
Preview
Text
3031-4534_1_1_2023-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (583kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang inovatif dan menarik melalui penggunaan permainan tradisional dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan hal yang perlu dilakukan dalam membangun karakter dan identitas yang kuat. Atas dasar hal itu, kajian ini bertujuan untuk menelaah pengimplementasian pembelajaran PPKn berbasis permainan tradisional pada mahasiswa di jurusan PGSD Universitas Negeri Medan. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah mahasiswa jurusan PGSD yang terdiri atas empat kelas, pada setiap kelas terdapat 40 mahasiswa. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, menampilkan data, dan verifikasi data. Hasil kajian menunjukkan bahwa permainan tradisional terbukti dapat meningkatkan rasa persatuan, saling menghargai, serta mewujudkan permainan yang adil dan beradab. Selain itu, implementasi permainan tradisional ini selaras dengan nilai-nilai Pancasila sehingga dapat membangun karakter dan jati diri mahasiswa berupa cinta tanah air dan mengingat kebudayaan Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Civic education learning, Traditional games, Local wisdom, Physical education and training, Outdoor games, Political science, Civics, Indonesian, Nationalism
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 13 Sep 2024 07:35
Last Modified: 13 Sep 2024 07:35
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/33893

Actions (login required)

View Item
View Item