Pengaruh motivasi merger dan akuisisi terhadap performa perusahaan di Indonesia periode 2010-2019

Zaid, Naqy Robbani and Wardatul, Adawiyah (2023) Pengaruh motivasi merger dan akuisisi terhadap performa perusahaan di Indonesia periode 2010-2019. Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia, 46 (2): 1. pp. 71-84. ISSN 0302-9859

[thumbnail of 0302-9859_46_2_2023-1.pdf]
Preview
Text
0302-9859_46_2_2023-1.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana jenis motivasi kegiatan merger dan/atau akuisisi (M&A) perusahaan mempengaruhi performa keuangan perusahaan pada perusahaan di Indonesia pada tahun 2010 hingga 2019. Fokus pada penelitian ini juga untuk memahami dan menguji bagaimana perbedaan pengaruh dari tiga tipe motivasi perusahaan dalam melakukan M&A terhadap performa perusahaan. Ketiga motivasi tersebut diantaranya adalah perluasan rantai nilai (value-chain-extension), technology-seeking dan campuran. Penelitian ini menggunakan sampel yang terdiri dari 72 perusahaan yang tercatat pada Bursa Efek Indonesia. Selama periode penelitian, terdapat 137 kegiatan M&A. Metode penelitian yang digunakan adalah metode feasible generalized least square. Penelitian ini menemukan bahwa dari tiga motivasi perusahaan melakukan M&A, hanya kegiatan M&A tipe campuran yang memiliki pengaruh positif signifikan terhadap performa perusahaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Merger, Akuisisi, Performa keuangan perusahaan, Price earning ratio, Return on asset, Industrial management, Corporate reorganizations, Consolidation and merger of corporations, Stock exchanges--Indonesia
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Banking & Finance
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 13 Sep 2024 03:32
Last Modified: 13 Sep 2024 03:32
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/33857

Actions (login required)

View Item
View Item